Seminar nasional, dengan tema Deklarasi Pemilu Damai Menjaga Kesatuan dan Persatuan NKRI.
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Forma PTKI/PTKIN se-Nusantara Deklarasikan Pemilu Damai 2024

Rabu, 29 November 2023 - 19:13 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Jelang kontestasi pemilu 2024, Forum mahasiswa PTKI/PTKIN se-Nusantara berkolaborasi dengan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya mengadakan seminar nasional, dengan tema Deklarasi Pemilu Damai Menjaga Kesatuan dan Persatuan NKRI. Kegiatan yang diikuti sejumlah mahasiswa ini diadakan di gedung SAC UIN Sunan Ampel Surabaya, Rabu (29/11).

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari akademisi ini digelar untuk menyuarakan pemilu yang damai di tengah mulai memanasnya situasi politik nasional. Terutama ditujukan untuk kalangan mahasiswa, agar bersama-sama mengawal proses demokrasi 5 tahunan ini agar berjalan damai, adil, dan terbuka.

Yono, Wakil Presiden Mahasiswa UINSA yang juga sebagai koordinator wilayah Jawa Timur Forma PTKI/PTKIN se-Nusantara mengatakan, mengkampanyekan pemilu damai di 2024 penting digalakan, untuk menjaga kesatuan bangsa khususnya di kalangan pemuda. Ia menilai, saat ini peran pemuda tidak hanya memikirkan soal pergantian presiden, tapi juga untuk ikut mengawal proses yang dilakukan seluruh pihak penyelenggara, baik KPU, Bawalsu dan pihak terkait agar pemilu berjalan dengan baik, tanpa kecurangan.

“Maka artinya selama proses itu dikawal dengan baik, dengan cara-cara yang sesuai dengan etika, maka memungkinkan untuk menjaga kerukunan. Deklarasi hari ini pemilu damai harus perlu disuarakan, tak hanya di 2024 tapi untuk pemilu-pemilu yang akan datang,” katanya.

Serupa, Hisyam Muhammad Jahid, Ketua Pelaksana dan Formatur Forum Mahasiswa PTKI/PTKIN se-Indonesia memaparkan mahasiswa atau pemuda perlu adanya andil dalam mengawal konstestasi politik saat ini, agar terlaksana secara damai.

“Maka ini menjadi landasan kami, bahwa mahasiswa atau pemuda perlu adanya pengawasan pemilu yang jujur, adil, berasas keterbukaan dan menghindari sesuatu yang provokatif,” ungkap Hisyam.

“Ekskalasi politik tidak dapat kita prediksi, kadang kala ada sebelum konstestasi politik atau sesudah konstestasi politik, maka ini yang perlu kita hindari dan kita rawat bersama agar tidak ada kecurangan dan penyakit-penyakit di masyarakat, seperti presepsi negative dan hal-hal yang berkaitan,” pintanyanya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
06:24
02:32
03:00
05:18
00:58
Viral