Waspadai Tahanan Melarikan Diri, Polisi di Gresik Cek Langsung Kondisi Ruang Penjara.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Antisipasi Tahanan Melarikan Diri, Polisi di Gresik Cek Langsung Kondisi Ruang Penjara

Kamis, 7 Desember 2023 - 14:39 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Untuk mengantisipasi terjadinya tahanan melarikan diri (Kabur), aparat kepolisian Resort Gresik melakukan inspeksi mendadak ke ruang tahanan (Rutan). Tidak hanya mengecek keamanan tahanan, inspeksi juga untuk memastikan kondisi kesehatan para tahanan selama tinggal di jeruji penjara.

Dikatakan AKBP Adhitya Panji Anom, Kapolres Gresik, jika keamanan ruang tahanan merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian utama kepolisian. Karena ruang tahanan harus diamankan agar tahanan tidak melarikan diri, tidak menyakiti diri sendiri atau orang lain, dan tidak merusak barang milik negara.

"Petugas jaga harus selalu waspada terhadap kemungkinan tahanan melarikan diri, menyakiti diri sendiri atau orang lain, dan merusak barang milik negara. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan barang bawaan, dan kesehatan tahanan termasuk jaga kebersihan," jelas Kapolres dalam rilis, Kamis (7/12).

Masih menurut Kapolres Gresik, pentingnya pengecekan sistem keamanan di dalam ruang tahanan dan kesehatan para tahanan, pihaknya juga memberikan pembinaan kepada tahanan agar mereka dapat bersikap baik dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Hal itu dilakukan agar nantinya, setelah para tahanan bebas dari penjara, mereka tidak akan mengulangi lagi perbuatannya dan dapat hidup berdampingan lagi dengan masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya.

"Pembinaan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusuhan atau gangguan keamanan lainnya di ruang tahanan," tegasnya.

Untuk sekedar diketahui, dalam inspeksi mendadak (Sidak) ke dalam ruang tahanan itu rencananya akan secara intens dilakukan untuk memastikan keamanan penghuni ruang tahanan dan melindungi keselamatan para tahanan. (mhb/gol)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral