Penjual Kaset VCD di Kawasan Trotoar Probolinggo.
Sumber :
  • tvOne - m syahwan

Bertahan di Era Digital, Nasib Penjual Kaset VCD di Kawasan Trotoar Probolinggo Tetap Langgeng

Senin, 11 Desember 2023 - 13:53 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Pada umumnya, di era digital saat ini sejumlah alat elektronik untuk mendengarkan musik menggunakan VCD dan DVD memang sudah mulai ditinggalkan. Namun tidak bagi Rofi (45) warga Kanigaran ini, justru lapak penjualan kepingan kaset CD, VCD dan DVD nya tetap langgeng di persimpangan zaman.

Rofi satu satunya penjual kaset di Jalan dr Soetomo, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran mengatakan, bahwa sudah berjualan kepingan kaset tersebut sudah hampir 20 tahun lebih di tepi jalan pusat Kota Probolinggo setempat.

“Saya sudah sekitar 20 tahun lebih jualan kepingan kaset ini, dari awal dulu saya jualan masih ikut orang karena kan memang belum punya modal,” katanya pada Senin (11/12).

Dahulu memang kepingan kaset miliknya ini mampu laku 100 keping per harinya, dan bisnis itu merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2006 silam. Rofi mampu memiliki cukup modal dan membuka lapak jual kepingan kaset VCD sendiri sampai saat ini.

“Kalau dulu, pertama kali saya membuka kios VCD di sini (Jalan dr Soetomo), pendapatan perhatinya saya mampu mencapai ratusan ribu, hingga satu juta, dari hasil jualan kepingan kaset yang seharga 10 ribu,” tambahnya.

Namun, lambat laun bisnis jual kepingan kaset VCD ini mulai ditinggalkan oleh konsumen. Dimana masyarakat mulai meninggalkan satu alat elektronik VCD tersebut dan beralih pada smartphone.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral