Plt. Kadis Kesehatan Banyuwangi.
Sumber :
  • happy oktavia

Kasus DBD di Banyuwangi Meningkat, Akhir Tahun Tembus 13 Kasus

Selasa, 19 Desember 2023 - 08:56 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Memasuki musim penghujan, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Banyuwangi mulai meningkat. 

Data dari Dinas Kesehatan Banyuwangi, hingga pertengahan Desember 2023, sebanyak 13 kasus DB muncul. Angka ini meningkat dibandingkan bulan November yang mencapai 10 kasus. 

“Dari laporan yang masuk, sepanjang tahun ada saja kasus. Terutama di akhir tahun dan awal tahun,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat, Senin (18/12).

Diprediksi, lonjakan kasus DBD masih berpotensi pada Januari–Februari 2024. Hal ini didasarkan pada peningkatan curah hujan. Apalagi, Banyuwangi telah memasuki musim penghujan sejak awal Desember 2023.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, puncaknya musim penghujan di Banyuwangi diprediksi masih terjadi pada Januari-Februari 2024. 

“Musim seperti ini berpotensi peningkatan DBD, karena tempat penampungan seperti kaleng dan botol bekas di luaran mudah terisi air. Genangan air ini memudahkan nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak,” jelasnya.

Upaya pencegahan perlu ditingkatkan, terutama membersihkan genangan air dalam rangka memberantas perkembangbiayakan nyamuk. Dinkes Banyuwangi juga mengimbau seluruh warga tetap menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup sehat sebagai langkah preventif utama. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral