Warga Nganjuk Berburu Kepompong sebagai Makanan Alternatif.
Sumber :
  • tvOne - kasianto

Musim Hujan Tiba, Warga Nganjuk Berburu Kepompong sebagai Makanan Alternatif

Rabu, 20 Desember 2023 - 19:30 WIB

Nganjuk, tvOnenews.com - Seiring datangnya musim hujan, warga di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, memulai tradisi unik dengan memanfaatkan kepompong sebagai makanan alternatif yang kaya akan protein. Fenomena ini telah menjadi bagian dari budaya lokal yang menarik minat banyak orang.

Warga di beberapa desa sekitar Kabupaten Nganjuk seperti halnya warga Desa Balongrejo, Kecamatan Bagor, yang dikenal sebagai daerah yang kaya akan jenis-jenis ulat, saat ini gencar menelusuri hutan yang menjadi tempat berkembang biaknya ulat.

Kepompong yang dihasilkan oleh ulat ini menjadi sasaran utama dalam "berburu" warga setempat. Kemudian dipisahkan dari daun diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, direbus, hingga dijadikan bahan tambahan dalam masakan.

Ada tiga jenis kepompong, namun yang paling menjadi buruan adalah kepompong johar telah menjadi alternatif yang menarik bagi warga Nganjuk, terutama ketika musim hujan mengurangi ketersediaan pangan di wilayah tersebut.

Lamijo (60) seorang warga setempat, mengatakan, kepompong memiliki cita rasa yang unik dan kaya akan nutrisi. Ketika musim hujan tiba dan sulit menemukan sumber makanan lain, kepompong menjadi penyelamat bagi sekitar hutan Balongrejo.

Meskipun masih dianggap sebagai makanan eksotis, minat terhadap kepompong sebagai makanan alternatif semakin meningkat di kalangan warga setempat.

"Hal ini juga menjadi salah satu upaya untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada secara berkelanjutan dalam menjaga ketahanan pangan di desa ini," kata Lamijo, Rabu (20/12).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:18
03:32
03:17
02:29
01:25
02:52
Viral