Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).
Sumber :
  • tvOne - syamsul huda

Survei ARCI : Dapat Efek Elektoral Gibran, Golkar Panaskan Papan Atas Partai di Jatim

Senin, 25 Desember 2023 - 10:51 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru elektabilitas partai politik di Jawa Timur. PKB berada di peringkat pertama, disusul PDIP kedua, kemudian Gerindra ketiga, dan melengkapi 4 besar ada Golkar. Jarak ke 4 partai ini berdekatan.

"Jadi jarak antar 4 partai ini berada di dalam batas margin of error yakni 3 persen," kata Baihaki saat paparan survei ARCI di Surabaya.

Dalam survei ARCI, elektabilitas PKB berada di angka 16,8%. Kemudian PDIP di angka 16,2%. Gerindra dengan angka 15,5%, dan Golkar dengan 14,9%.

Baihaki mengatakan selisih Golkar dengan PKB tidak sampai 2 persen. Hal itu memungkinkan Golkar masih bisa naik ke peringkat pertama meski diperlukan kerja ekstra keras.

Menurut Baihaki, tren Golkar cenderung naik. Salah satu faktornya ialah Golkar meraih coattail effect pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres mendampingi Prabowo.

"Hari ini tren elektabilitas Prabowo-Gibran itu beranjak naik drastis. Nah, tren kenaikan paslon 02 berimbas pada Golkar yang notabene adalah partai pertama yang mendeklarasikan diri mengusung Gibran sebagai cawapres dari Prabowo," jelasnya.

"Bisa dilihat angka Golkar di wilayah Mataraman ini naik drastis, dimana Mataraman adalah basis Jokowi yang sempat dikuasai Ganjar lalu kini beralih ke Gibran. Ketika orang mencari tahu Gibran dalam proses cawapresnya, orang akan mengetahui bahwa Golkar adalah partai pertama yang berani mengusung Wali Kota Solo itu," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral