Epidemiolog, Laura Navika Yamani.
Sumber :
  • sandi irwanto

Liburan Akhir Tahun, Epidemiolog Tekankan Pentingnya Prokes Waspadai Peningkatan Covid-19

Sabtu, 30 Desember 2023 - 10:43 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Pandemi Covid-19 sejak 2020 silam cukup membuat masyarakat Indonesia memahami beberapa upaya pencegahan. Yakni, dengan menaati protokol kesehatan. Berubah menjadi endemi, kasus Covid-19 mulai dapat dikendalikan penyebaran penyakitnya.

Liburan natal dan pergantian tahun ini sedang terjadi peningkatan kasus Covid-19 meskipun tidak signifikan. Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair, Laura Navika Yamani memaparkan, peningkatan kasus terjadi karena munculnya varian baru yang masih termasuk dalam turunan omicron.

“Memang dalam kondisi pergantian tahun, liburan natal dan tahun baru ini faktor-faktor yang mempengaruhi terutama kalau covid itu kan kalau ada peningkatan mobilitas kemungkinan ada peningkatan kasus dari covid,” jelasnya.

Pentingnya Prokes

Di samping itu, munculnya varian baru covid masih mampu dikenali oleh sistem imun dalam tubuh. Adapun jika ada peningkatan kasus karena varian baru tidak akan berdampak pada keparahan hingga kematian pada individu.

Lebih lanjut, Laura menegaskan hal yang perlu diperhatikan masyarakat terkait dengan protokol kesehatan. Masyarakat dapat menyadari dan mempertimbangkan waktu yang tepat untuk menggunakan protokol kesehatan.

Waktu-waktu seperti ketika berinteraksi dengan orang lain di tempat umum sebaiknya menggunakan prokes sesuai anjuran. Ketika mobilisasi dari satu tempat ke tempat lain, Serta keadaan apabila kesehatan tubuh kurang baik.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:44
01:33
06:44
09:50
00:57
Viral