Anita Sari, warga Kabupaten Situbodo.
Sumber :
  • tvOne - hery sampurno

KPU Situbondo Libatkan Penyandang Disabilitas dalam Proses Pelipatan Kertas Suara

Senin, 8 Januari 2024 - 16:28 WIB

Situbondo, tvOnenews.com - Pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif tahun ini menjadi berkah tersendiri bagi kelompok difabel di Kabupaten Situbondo. Mereka ambil bagian menjadi pelipat kertas suara yang diselenggarankan Komisi Pemilihan Umum (kpu) setempat.

Salah satu penyandang difabel yang ikut dalm proses pelipatan surat suara yakni Anita Sari, warga Kabupaten Situbodo saat melipat surat suara dari Pileg Provinsi Jawa Timur, Senin (8/1).

Ibu dua anak ini begitu piawai melakukan peliputan kertas suara walaupun hanya memiliki satu tangan. Dalam sekejab, kertas yang berisi nama calon legeslatif dapat dilipatnya menggunakan satu tangan dan kakinya.

“Mudah, karena pekerjaan ini biasa saya lakukan dalam kegiatan pelipatan surat suara yang diselenggarakan pihak KPU. Pelipatan ini tidak jauh berbenda dengan surat suara sebelumnya. Rencana honor yang akan diterimanya akan dibuat kebutuhan sehari hari,” tutur Anita Sari.

Satu kelompok yang berisi sepuluh orang, mampu melipat empat dus, yang setiap dusnya berisi lima ratus lembar kertas suara dengan upah per lembar dua ratus rupiah untuk suara Pilpres dan dua ratus lima puluh rupiah untuk Pileg.

Sementara itu, dalam dua hari proses pelipatan suara, KPU Kabupaten Situbondo telah mendapatkan kurang lebih enam ratus surat suara yang telah rusak saat proses dalam proses penyotiran.

“Proses pelipatan akan berlangsung selama lima belas hari ke depan dan mendapatkan penjagaan ketat dari personil Polres Situbondo,” ujar Fairul Laili, Kasubag Kul Kpu Situbondo. (hso/gol)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:38
04:27
01:33
02:33
01:15
Viral