santri tewas dianiaya, ponpes belum berijin.
Sumber :
  • Tim tvone - imron

Santri Tewas Dianiaya Seniornya di Kediri, Kemenag Jatim: Ponpes Tempat Penganiayaan Belum Memiliki Ijin Operasi

Sabtu, 2 Maret 2024 - 08:48 WIB

Kediri, tvOnenews.com - Kementerian Agama (Kemenag) wilayah Jawa Timur melakukan investigasi ke Pondok Pesantren Tartilul Quran Al-Hanifiah di Dusun Mayan, Desa Kradinan, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Pondok pesantren ini adalah lokasi kejadian penganiayaan santri atas nama Bintang Balqis Maulana (14), warga Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, yang tewas dianiaya oleh santri seniornya.

Muhammad As'adul Anam Kabid Pendidikan Diniyah dan Ponpes Kemenag Jatim mengatakan dari hasil investigasi di lapangan, Kemenag Jatim menyatakan jika Ponpes Pondok Pesantren Tartilul Quran Al-Hanifiah yang berdiri pada tahun 2014 belum memiliki ijin operasional.

“Kami menyatakan sikap dari Kantor Wilayah Agama Jawa Timur kami sangat menyayangkan kejadian di Pondok Pesantren. Keberadaan pondok pesantren tersebut belum memiliki ijin Pondok Pesantren,” katanya.

Saat ini Ponpes Al - Hanifiyah yang baru beroperasi pada tahun 2014 memiliki 93 santri, dengan jumlah putra 19 dan putri sebanyak 74 anak.

Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur menyerahkan sepenuhnya kasus penganiayaan santri hingga tewas kepada polisi untuk dilakukan proses hukum.

“Saat ini proses hukum telah ditangani oleh Polres Kediri Kota karena Ponpes masuk wilayah hukum Polres Kediri Kota,” imbuhnya.

Sementara Kementerian Agama tidak memiliki wewenang untuk melakukan pembubaran lantaran Pondok Pesantren belum memiliki ijin operasional Pondok Pesantren.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral