peresmian gedung baru PMI Kota Surabaya.
Sumber :
  • tim tvone - tim tvone

Wali Kota Surabaya Resmikan Gedung Baru PMI, Minta ASN Pemkot Rutin Lakukan Donor Darah

Selasa, 5 Maret 2024 - 09:47 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan Gedung Baru PMI, di Jalan Sumatera No. 71 Surabaya. Peresmian gedung PMI tersebut untuk mempermudah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan warga Surabaya. Eri juga mengingatkan para Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemkot untuk rutin melakukan donor darah guna membantu ketersedian stok darah di PMI.
 
Gedung baru tersebut digunakan sebagai kantor pengurus, markas PMI, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Relawan, Posko Kebencanaan. Gedung ini juga terkoneksi langsung dengan layanan Command Center 112 Surabaya, untuk mempercepat gerak relawan PMI memberikan pertolongan pertama kepada korban cedera kecelakaan yang memerlukan medis dasar.
 
Eri Cahyadi menyampaikan peresmian lantai 1 dan 2, dari 4 lantai yang direncanakan, berkat banyaknya donatur yang membantu. 

“Ini adalah budaya arek-arek Suroboyo yang saling gotong royong,” ujarnya.
 
Eri berharap, dengan dioperasikan lantai 1 dan 2 gedung baru PMI Surabaya dapat mendukung layanan kepada masyarakat dan pengembanganan organisasi PMI bisa dilakukan lebih cepat dan nyaman. 

“Harapannya, pelayanan kepada masyarakat bisa lebih optimal,” ujarnya.
 
Eri menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Surabaya turut mendukung proses pembangunan Gedung Baru PMI Surabaya. Pemkot dan PMI terus bersinergi memperkuat layanan kemanusiaan. Selain itu, Eri juga mengingatkan para Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemkot untuk rutin melakukan donor darah guna membantu ketersedian stok darah di PMI.
 
Beri Penghargaan Donatur
Pada acara itu, Wali Kota Eri Cahyadi memberikan penghargaan kepada para donatur. Diantaranya kepada Direktur PT Matahari Sakti Rudy Purwono, serta pimpinan dan owner PT Sinar Indogreen Kencana Sugijanto Tjandra.
 
Dalam kesempatan itu, Sugijanto Tjandra didampingi istri, Lilian Sutanto, menyerahkan donasi berupa 8 ton beras pada PMI Surabaya. Donasi ini diterima langsung oleh Wali Kota Eri Cahyadi dan Ketua PMI Surabaya M Ikhsan.
 
“Alhamdulillah, PMI Surabaya mendapatkan bantuan 8 ton beras, yang bisa digunakan sebagai paket sembako yang akan diberikan kepada para pendonor saat bulan Ramadhan nanti. Terima kasih Pak Sugijanto Tjandra dan Ibu Lilian Sutanto”, ujar Wali Kota Eri Cahyadi.
 
Selanjutnya, Eri didampingi pimpinan PMI Surabaya dan para tamu, meninjau fasilitas ruangan gedung baru PMI Surabaya.
 
Ketua PMI Surabaya Ikhsan mengatakan dengan mulai beroperasinya dua lantai Gedung PMI Surabaya yang baru, maka sebagian operasional yang terkait layanan PMI, akan dipindahkan dari gedung lama PMI Surabaya di Embong Ploso.
 
”Rencananya, gedung lama itu akan difokuskan tempat donor darah. Sementara kalau di sini, akan menjadi markas dan pendukungnya. Seperti operasional, relawan, dan lain-lain, akan dikendalikan dari sini. Kalau sebelumnya di Embong Ploso sempat berdesakan. Sekarang sudah punya tempat baru yang tersentral,” ujarnya.
 
“Dengan begitu, sinergitas untuk menolong dalam hal apabila terjadi kecelakaan, akan lebih maksimal,” jelas Ikhsan yang juga menjabat sebagai Sekda Kota Surabaya. (hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral