Kades Sambirejo.
Sumber :
  • umar sanusi

Korban Tanah Amblas Akan Direlokasi karena Area Berbahaya

Sabtu, 9 Maret 2024 - 11:15 WIB

Jombang, tvOnenews.com - Dikarenakan dipastikan tidak akan dihuni lagi, Pemkab Jombang gerak cepat menangani bencana tanah bergerak yang mengakibatkan amblas di Dukuh Sumberlamong, Dusun Jumok, Desa Smabirejo, Kecamatan Wonosalam. Pj Bupati Jombang Sugiat mengatakan, akan melakukan relokasi warga terdampak musibah tersebut.

Pj Bupati Jombang telah melihat langsung kondisi rumah warga yang nyaris ambruk akibat bencana tanah gerak dan amblas. Di lokasi, ia membesarkan hati para warga yang menjadi korban dan menyampaikan keprihatinan atas bencana yang terjadi. Ia juga meninjau posko serta dapur umum yang didirikan BPBD Jombang di lokasi.

Mengenai tindaklanjut penanganan bencana tersebut, Sugiat menyebut akan melakukan beberapa langkah. Salah satunya relokasi warga ke area yang lebih aman.

ā€¯Terkait tanah gerak nanti kita evaluasi lagi, jika memang tanah itu berbahaya dan tidak bisa ditempati maka kita lakukan relokasi," ujar Sugiat, Jumat (8/3).

Dijelaskan Sugiat, solusi yang akan dilakukan memang bukan perkara mudah. Ia mengakui, bagi sebagian warga meninggalkan rumahnya adalah sesuatu yang berat dilakukan. Sebab di tempat kelahiran mereka, setiap orang punya kenangan yang tidak bisa dihilangkan.

Namun demikian, keselamatan warga adalah prioritas utama. Untuk itu, diperlukan komunikasi yang baik antara pemangku kepentingan pemerintahan dengan warga.

"Kita berharap warga paham, jangan sampai karena harta bendanya yang masih di lokasi tanah gerak tidak mau dievakuasi," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral