Masjid Agung Sunan Ampel.
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

Masjid Agung Sunan Ampel, Bukti Sejarah Penyebaran Islam di Surabaya

Rabu, 20 Maret 2024 - 10:51 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Kawasan Surabaya utara menyimpan sejuta sejarah masuknya Islam di Nusantara khususnya di tanah Jawa. Salah satunya Masjid Sunan Ampel yang merupakan peninggalan sejarah penyebaran Islam di tanah Jawa. Masjid yang dibangun oleh Sunan Ampel atau Raden Mohammad Ali Rahmatullah, adalah masjid tertua di Jawa Timur.

Sunan Ampel atau yang biasa dipanggil sebagai Raden Rachmat, lahir di Champa, Kamboja pada 1401. Sejak usia 20 tahun, beliau sudah dipercaya oleh ayahnya, Raja Brawijaya, untuk menyebarkan agama Islam di Surabaya.

Menjadi salah satu wali songo, Sunan Ampel tentu saja terkenal dengan berbagai ajaran mengenai Islam yang begitu bermanfaat bagi masyarakat. Di Surabaya, peninggalan yang paling terkenal adalah Masjid Ampel Surabaya.

Masjid Ampel resmi dibuka di tahun 1421. Hingga sekarang, masjid ini berusia kurang lebih 600 tahun. Masjid ini tidak hanya didirikan oleh Sunan Ampel, tetapi juga dibantu oleh 2 sahabatnya, yaitu Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji.

Pembangunan Masjid hibah dari raja Brawijaya dijelaskan Mustajab (82), abdi dalem Masjid Sunan Ampel. Masjid Ampel Surabaya dibangun di atas lahan seluas lebih dari 1.300 meter persegi yang dipinjamkan oleh Raja Brawijaya.

Panjang dan luas bangunan adalah 120 meter dan 11 meter. Desainnya sangat sederhana dengan bahan bangunan berupa kayu jati dan hingga saat ini tetap bertahan seperti itu, meski diperlebar oleh pemerintah setempat.

Masjid ini memiliki 16 tiang penyangga yang begitu kokoh. Tiang ini terbuat dari kayu jati dengan diameter 60 cm dan tinggi 17 meter. Terdapat 5 gapura kuno dengan ukiran ornamen yang cantik. Gapura ini melambangkan rukun Islam.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:22
01:41
28:24
01:29
03:20
01:09
Viral