PT KAI Daop 9 akan menambah palang pintu dan pos penjagaan di Probolinggo.
Sumber :
  • tvone - syahwan

Minimalisir Angka Kecelakaan, PT KAI Daop 9 Tambah Palang Pintu dan Pos Penjagaan di Probolinggo

Sabtu, 15 Januari 2022 - 11:28 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Maraknya kecelakaan lalu lintas, yang melibatkan lokomotif angkutan masal dengan kendaraan umum. PT KAI Daop 9 Jember berupaya akan menambah sejumlah palang pintu dan pos penjaga, di sejumlah daerah yang ada di wilayah Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Banyuwangi.

Terdata di tahun 2021 lalu, terdapat perlintasan sebidang di wilayah daerah operasinal (Daop) 9 jember sebanyak 360 titik. Meliputi 95 titik dilengkapi pos penjagaan, dan sisanya sebanyak 265 titik tidak ada pos penjagaan.

Khusus untuk wilayah Kota dan Kabupaten Probolinggo sebanyak 67 perlintasan sebidang, hal ini berdasarkan data terkini dari 14 Januari 2022. Karena sebelumnya terdapat sebanyak 69 titik perlintasan, dan telah dilakukan penutupan sebanyak 2 titik.

"Program KAI di tahun 2022 ini berupaya menambah sejumlah titik penjaga dan palang pintu, di wilayah operasional Daop 9, demi meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang," ujar Tohari, Humas Daop 9 Jember.

Hingga kini pihaknya akan melakukan peningkatan keselamatan sebidang perlintasan sebanyak 14 titik, yang tersebar di berbagai wilayah operasionalnya. Yakni Probolinggo sebanyak 3 titik, Pasuruan sebanyak 1 titik, Lumajang sebanyak 1 titik, Jember 4 titik, Banyuwangi sebanyak 5 titik.

Hal ini dilakukan dalam rangka koordinasi penanganan perlintasan sebidang kereta api, serta menindaklanjuti rekomendasi hasil investigasi terhadap kecelakaan, antara kereta api dengan kendaraan bermotor, seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Probolinggo. (M.Syahwan/rey)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral