Uji Klinis Tahap 1 Vaksin Merah Putih Pada Manusia Kick Off Tanggal 8 Februari 2022..
Sumber :
  • tim tvOne - sandi irwanto

Uji Klinis Tahap 1 Vaksin Merah Putih Pada Manusia 'Kick Off' 8 Februari 2022

Kamis, 27 Januari 2022 - 14:01 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Pelaksanaan uji klinis tahap satu vaksin merah putih Universitas Airlangga memasuki tahap persiapan. Rencananya 'kick off' penyuntikan vaksin merah putih untuk uji klinis tahap satu pada manusia ini dilakukan pada 8 Februari mendatang di RSUD Dokter Soetomo Surabaya.

Sebanyak 90 relawan disiapkan untuk mengikuti proses uji klinis tahap satu menggunakan vaksin merah putih. 

Para relawan tersebut berstatus naif atau belum mendapatkan suntikan vaksin jenis apapun. Sehingga nantinya, mereka akan disuntik vaksin merah putih tahap satu dan dijeda seminggu untuk mendapatkan suntikan dosis kedua sebagai relawan uji klinis tahap kedua. Proses uji klinis tahap satu dan dua dilakukan secara overlap.

Cita Rosita, Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitian RSUD DR Soetomo Surabaya mengatakan, dalam proses penjaringan relawan dengan adanya seleksi atau skrining kesehatan bagi pendaftar berusia 18 tahun ke atas melalui google form.

“Hal ini dilakukan untuk mengetahui derajat kesehatan calon penerima vaksin. Para relawan ini umumnya merupakan santri di pesantren atau karyawan perusahaan yang sebelumnya mengaku enggan menerima vaksin jenis apapun,” ungkap Cira Rosita, Kamis (27/1/2022).

Meski proses penjaringan relawan telah berlangsung cukup lama, Cita Rosita, menyebut dibutuhkan lebih dari 300 relawan untuk penyuntikan uji klinis tahap satu dan dua. 

“Angka tersebut nyatanya hingga saat ini belum terpenuhi, sehingga pihak kami  meminta kepada semua pihak yang belum mendapatkan vaksinasi bisa turut bergabung menjadi relawan vaksin merah putih/ sebelum nantinya bisa diproduksi massal,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral