Pak Nur sedang menyajikan soto dok kuah bening.
Sumber :
  • tvone - edy cahyono

Menikmati Segarnya Soto 'Dok' Kuah Bening di Malang

Senin, 31 Januari 2022 - 12:49 WIB

Malang, Jawa Timur - Bagi anda pecinta kuliner berkuah, wajib mencicipi menu soto di Kabupaten Malang. Meski lokasinya tersembunyi, namun warung ini selalu ramai didatangi pengunjung. Warung ini berada di pojok sempit tempat kuliner Pasar Karangploso, Kabupaten Malang, bernama Soto Dok Pak Nur. Para pelanggan mengaku rela duduk tanpa meja makan untuk menikmati soto dok legendaris sejak tahun 1970-an ini.

"Enak ini langganan saya sejak saya masih muda. Dulu masih di pinggir jalan," ujar salah satu pelanggan Ali (48 tahun).

Soto Dok Pak Nur ini bening karena dimasak tanpa menggunakan santan. Terdapat pilihan nasi atau lontong untuk menikmati soto ini.

"Kalau bosen dengan nasi saya kadang pakai lontong. Yang saya suka kuahnya bening tidak pakai santan," ucap Ali, Senin (31/1/2022).

Sementara itu Pak Nur pemilik warung soto mengaku, nama soto dok berasal dari bunyi ‘dok’ tiap kali usai memberikan kecap pelezat pada kuah soto, botol kecap tersebut di banting hingga berbunyi dok.

Pak Nur bercerita, di warung soto ini tidak menjual menu lain selain soto. Harganya sangat terjangkau sesuai kantong masyarakat.

"Soto dok seporsi 12 ribu, saya pakai daging kambing memotong sendiri. Kita masak dengan tradisional agar bau kambingnya hilang," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:36
01:53
01:21
01:08
01:52
01:57
Viral