Gunung Semeru terpantau terus menerus mengeluarkan letusan disertai suara gemuruh.
Sumber :
  • Wawan Sugiarto

Gunung Semeru Keluarkan 8 kali Letusan dan Guguran Lava Pijar Disertai Suara Gemuruh

Selasa, 22 Maret 2022 - 08:57 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Gunung Semeru yang saat ini masih berstatus Siaga atau level 3, kembali terpantau terus menerus mengeluarkan letusan disertai suara gemuruh. Bahkan, letusan dan suara gemuruh terlihat dan terdengar sangat jelas dari beberapa desa di kaki gunung Semeru sejak dini hari hingga Selasa (22/3/2022) pagi.

Sahrul (22),salah satu warga Dusun Kampung Renteng, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, mengaku sempat dibuat cemas dengan adanya letusan Semeru disertai suara gemuruh dan disusul adanya guguran lava pijar.

"Semalam cuaca sangat cerah, guguran lava pijar terlihat jelas sekali, beberapa kali terlihat letusan disertai keluarnya asap dan suara gemuruh, ya sempat cemas sih,"kata Sahrul, Selasa (22/3/2022).

Meskipun sudah terbiasa dengan kondisi Semeru, Sahrul mengaku tetap waspada dan terus memantau visual gunung Semeru dari depan rumahnya.

Terpisah, Kepala Desa Supit Urang Nurul Yaqin Pribadi, juga membenarkan adanya beberapa kali letusan disertai suara gemuruh disertai hujan abu intensitas sedang. Hal itu diketahui Nurul saat patroli rutin malam di sekitar dusun Sumbersari.

"Tidak hanya letusan dan suara gemuruh, hujan abu juga mengguyur sebagian wilayah desa Supit Urang dan Oro Oro Ombo,"jelas Nurul.

Lebih lanjut Nurul menjelaskan bahwa hujan abu yang mengguyur desanya hanya berlangsung kurang dari 2 jam.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral