Nelayan di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo tak dapat melaut karena kesulitan mendapat solar.
Sumber :
  • Syahwan Kamahina

Solar Langka, Nelayan Mayangan Kota Probolinggo Tidak Melaut

Selasa, 5 April 2022 - 07:48 WIB

Probolinggo, Jawa Timur – Sudah sepekan semenjak kelangkan BBM jenis solar ini sangat berdampak pada mata pencaharian para nelayan di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Para nelayan yang biasanya bisa mendapatkan solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN), kini harus mencari keluar area Pelabuhan. Meskipun sebenarnya hal ini tidak diperbolehkan. Namun, mereka terpaksa melakukannya karena stok persediaan solar di SPBN kosong, Selasa (5/4/2022)

Bahkan ada beberapa dari nelayan ini memilih tidak melaut dan menunggu persediaan solar di SPBN tersebut terisi kembali, seperti yang dilakukan Soleh, salah satu pemilik kapal kecil.

“Teman-teman saya ada yang sebagian menaruh jeriken di area SPBN untuk mengantre dan sebagian lagi ada yang mencari di SPBU terdekat, memang sebenarnya hal seperti itu tidak diperbolehkan, ya mau bagaimana lagi,” tandasnya.

Para nelayan sangat khawatir, jika nanti harga solar juga ikut naik harganya karena memang sudah hampir satu minggu ini kosong.

Hal serupa juga diucapkan oleh Andre yang juga kesehariannya sebagai nelayan. Dirinya memilih untuk mencari pasokan solar di SPBU terdekat yang masih memiliki stok solar.

“Bagaimana lagi Mas, daripada saya tidak melaut ya bisa-bisa keluarga saya tidak makan, kan memang dengan mencari ikan ini menjadi sumber mata pencaharian saya,” terangnya.

Meskipun para nelayan yang mencari pasokan solar di SPBU itu juga belum tentu mendapatkan jatah solar, karena persediaan di SPBU juga kosong, oleh sebab itu para nelayan ini berharap agar kelangkaan BBM ini dapat segera teratasi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral