Alat berat keruk sedimentasi Sungai Curah Menjangan.
Sumber :
  • Wawan Sugiarto

Antisipasi Banjir Susulan, Pemprov Jatim Normalisasi Aliran Sungai Curah Menjangan

Jumat, 22 April 2022 - 21:59 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Warga Dusun Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur nampaknya harus bersabar lebih lama lagi untuk memastikan desanya terbebas dari banjir. Sebab, proses normalisasi Sungai Curah Menjangan di Kecamatan Sukodono akan memakan waktu hingga dua bulan ke depan. 

Sungai yang sering meluap ketika diguyur hujan deras ini akan dilakukan normalisasi mulai dari titik pertemuan Sungai Curah Menjangan dan Sungai Bondoyudo hingga kearah selatan sepanjang 2 kilometer. 

"Ini akan dikeruk kurang lebih 2 kilometer mulai pondok yang sebelah selatan sampai titik pertemuan sungai di utara," kata Wiji, pengawas proyek normalisasi Sungai Curah Menjangan Dinas Pekerjaan Umum dan Sumberdaya Air Provinsi Jawa Timur, Jumat (22/4/2022). 

Wiji menambahkan selain dilakukan pendalaman, aliran sungai juga akan diperlebar dan dibuatkan tanggul yang lebih tinggi dari sebelumnya di sepanjang aliran untuk menghindari meningkatnya debit air. 

"Ini kita lebarkan juga, karena ini memang sudah sempit, terus kita buatkan dinding pembatas antisipasi jika air naik supaya tidak sampai ke permukiman," tambahnya. 

Terpisah, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati Masdar menjelaskan bahwa proses normalisasi sungai kewenangannya berada di Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Lantaran terus menerus dilanda banjir saat diguyur hujan dengan intensitas tinggi, Pemkab Lumajang segera mengusulkan untuk diprioritaskan normalisasi Sungai Curah Menjangan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral