Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya memadamkan kebakaran yang melanda Tunjungan Plaza 5 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (13/4/2022)..
Sumber :
  • antara

Labfor: Penyebab Kebakaran Tunjungan Plaza 5 Adalah Hubungan Longgar Listrik di Terminal Lampu

Rabu, 27 April 2022 - 16:38 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Kepala Bidang Laboratorium Forensik Polri Cabang Surabaya, Kombes Polisi Sodiq Pratomo, memaparkan penyebab kebakaran yang terjadi di pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza 5 Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

"Hasil laboratorium, sumber api pemicu kebakaran berasal dari akumulasi panas (heat accumulation) selama terjadinya hubung longgar listrik (loose contact) pada salah satu terminal kabel lampu penerangan," ujar Kombes Sodiq Pratomo di Surabaya, Rabu.

Terminal kabel lampu penerangan yang mengalami loose contact tersebut terdapat di plafon teras bioskop yang berada di lantai 10 gedung. Akibat loose contact tersebut, komponen terminal lampu pada plafon meleleh dan membakar isolasi kabel.

Percikan api yang muncul kemudian makin membesar setelah mengenai media bahan mudah terbakar, seperti plastik, kayu, kertas di sekitar area plafon bangunan tersebut. Loose contact itu terjadi pada sebuah sekrup terminal lampu penerangan.

"Di sekrup terminal lampu. Biasanya kan dipasang di terminal, lalu dikencengi (dikunci) pakai sekrup," ucap dia.

Mengenai ada atau tidaknya unsur kesengajaan atas pemicu kebakaran TP-5 yang telah ditemukan pihak Labfor Polri Cabang Surabaya, Kombes Sodiq enggan mengungkapkannya. Menurutnya, hal tersebut merupakan kewenangan pihak penyidik Polrestabes Surabaya yang menangani kasus tersebut.

Dikatakannya, hasil labfor tersebut sudah dilaporkannya ke Satreskrim Polrestabes Surabaya Surabaya dan Bidang Humas Polda Jatim.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral