longsor, jalur pendakian gunung lawu ditutup.
Sumber :
  • tim tvone - erfan

Longsor, Jalur Pendakian Puncak Gunung Lawu Lewat Pintu Cemoro Sewu Ditutup Sementara

Jumat, 29 April 2022 - 12:57 WIB

Magetan, Jawa Timur - Akibat tertutup longsor, jalur pendakian puncak Gunung Lawu via pintu masuk Cemoro Sewu, di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, ditutup untuk umum, Kamis (28/4).  

Supriyanto (46), Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) Sarangan, BKPH Lawu Selatan, KPH Lawu mengatakan, titik longsor yang menutupi jalur pendakian ini berada di antara pos 3 dan pos 4 yang melalui Cemoro Sewu. 

“Hari ini dan kemarin untuk jalur pendakian puncak Gunung Lawu via Cemoro Sewu kami tutup sementara, karena ada longsoran sedikit di antaran pos 3 dan pos 4,” ujar Supriyanto saat ditemui di pintu masuk pendakian Cemoro Sewu, Magetan.

Menurutnya, memang ada batu berukuran besar yang posisinya berada di atas titik longsor yang sebelumnya akan dijatuhkan oleh petugas Perhutani, dengan harapan tidak membahayakan para pendaki. 

“Memang kemarin disitu sudah ada batu yang besar dan membahayakan, namun sehubungan hari Selasa sore itu terjadi hujan cukup lebat dan malamnya disusul dengan gempa bumi, sehingga pada Rabu pagi harinya sekitar pukul 7.30 wib, batu baru jatuh sehingga menyebabkan longsor,” imbuhnya.

Namun demikian, longsor tersebut dikategorikan longsor kecil, sehingga pagi ini sekitar pukul 07.00 WIB, sebanyak 20 orang yang terdiri dari tim relawan gabungan LMDH, Perhutani dan Rapi dikerahkan naik ke lokasi titik longsor guna melakukan assessment dan proses evakuasi material longsoran berupa bebatuan. 

“Sampai saat ini kami mengerahkan sekitar 20 orang, itu dari relawan, rapi, perhutani dan LMDH pagi tadi sekitar jam 07.00 wib naik ke atas untuk evakuasi,” kata Supriyanto. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral