polisi pasang himbauan bagi pemudik.
Sumber :
  • tim tvone - agus wibowo

Wujudkan Mudik Aman, Polisi Pasang Sejumlah Himbauan untuk Pemudik

Jumat, 29 April 2022 - 14:38 WIB

Pacitan, Jawa Timur - Berbagai cara dilakukan Satlantas Polres Pacitan untuk menghadapi mudik lebaran 2022 dalam Operasi Ketupat Semeru 2022, mewujudkan mudik yang aman, selamat, sehat, tertib dan lancar serta Kamseltibcarlantas yang aman. 
 
Cara tersebut dinilai sangat efektif guna menekan fatalitas kecelakaan para pemudik dan pengguna jalan. Mengingat pada H-3 jelang lebaran ini, peningkatan lonjakan arus mudik menuju Kabupaten Pacitan dan sebaliknya sudah terjadi. 
 
Pemasangan banner himbauan itu memuat tulisan yang mudah dipahami, dengan harapan dilihat dan dibaca para pengendara yang melintas. Himbauan berisi sejumlah pesan tertib dan patuh lalu lintas, serta peringatan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor, seperti penggunaan gigi di jalan tanjakan dan turunan curam, tikungan tajam, dan kelayakan kendaraan.
 
Kanit Gakkum Satlantas, Ipda Abdul Cholik menjelaskan, pemasangan banner himbauan di beberapa titik jalan ini bertujuan untuk menekan fatalitas kecelakaan lalu lintas mudik lebaran 2022 yang berada di wilayah hukum Polres Pacitan. 
 
Banner himbauan dan peringatan tersebar di sejumlah titik jalur mudik yang berpotensi terjadi kecelakaan dan area blackspot laka lantas di jalan utama Pacitan-Ponorogo, tanjakan jalur Pacitan-Solo. Himbauan juga terpasang di beberapa titik lokasi yang mudah dibaca seperti obyek wisata dan masjid yang biasa digunakan pemudik sebagai rest area atau tempat berhenti.
 
"Peringatan pemakaian gigi satu di jalan tanjakan dan turunan curam serta peringatan jalan tikungan tajam. Himbauan dan peringatan itu tidak hanya terpasang di jalur mudik saja, namun juga jalan dalam kota dan jalur pemukiman yang ramai lalu lintas, serta obyek wisata dan masjid tempat pemudik beristirahat," terangnya. 
 
Anton Saputro pemudik dari Jakarta ini menambahkan dengan spanduk interaktif yang dibuat itu, dapat meningkatkan kesadaran pengguna jalan untuk lebih memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan kelengkapan juga kondisi kendaraan sebelum berkendara.
 
"Pesan yang disampaikan mudah diingat dan membuat pengguna jalan sadar pentingnya keselamatan," terangnya. 
 
Pemasangan himbauan memiliki pesan dan sebagai langkah antisipasi kecelakaan lalu lintas dan wisata, antisipasi laka lantas, dan mengurangi potensi fatalitas korban laka guna menghadapi mudik lebaran 2022 dalam Operasi Ketupat Semeru 2022. (ASW/hen)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral