petugas damkar evakuasi sarang tawon vespa.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Ancam Keselamatan Anak-anak yang Bermain di Sekitar Pohon Nangka, Petugas PMK Evakuasi Sarang Tawon Vespa

Jumat, 13 Mei 2022 - 14:03 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Sarang tawon vespa seukuran bola basket di pemukiman penduduk, dievakuasi petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Lumajang. Evakuasi dilakukan lantaran tawon dengan nama latin vespa affinis tersebut, mengancam keselamatan anak-anak yang biasa bermain di sekitar lokasi.

Sarang tawon vespa ditemukan warga di sebuah pohon nangka, di depan rumah Asep Maulana (26), warga Dusun Gedongsari, Desa LabrukKidul, Kecamatan Sumbersuko. Sarang  berukuran lumayan besar itu menggantung di ujung ranting pohon, sekitar 4 meter dari permukaan tanah.

Asep mengatakan, keberadaan sarang tawon tersebut diketahui sejak tiga bulan sebelumnya. Menurutnya, koloni tawon itu kerap membuat takut warga yang tinggal di sekitar pohon nangka tersebut.

“Tiga bulan yang lalu masih seukuran kepalan tangan, tapi sekarang sudah seukuran bola basket, ya otomatis khawatir kalau gak segera dievakusai,” ujar Asep, Jumat (13/5).

Kekhawatiran Asep tersebut cukup beralasan, karena sengatan tawon itu bisa mengakibatkan kematian. Terlebih, halaman rumah Asep biasa digunakan anak-anak untuk bermain.

"Kami khawatir tawon menyerang anak-anak," imbuhnya.

Khawatir sarang tawon semakin besar dan muncul sarang tawon baru, akhirnya Asep menghubungi Petugas Damkar untuk minta bantuan mengevakuasinya. Petugas memakai baju anti sengatan tawon untuk mengambil sarang tawon vespa itu. Sebelum dievakuasi, petugas menutup semua lubang pada sarang tawon dengan menggunakan kapas yang dicampur cairan bensin untuk melumpuhkan tawon-tawon yang ada di dalam sarang.

“Tahap awal, kami menutup lubangnya dengan kapas bercampur bensin biar tawonnya mabuk,” ujar Supriyo, selaku Danru Damkar.

Beberapa menit kemudian, petugas akhirya dengan mudah mengevakuasi tawon dengan cara dicabut dari ranting pohon dan dimasukan ke kantong plastik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:20
03:25
01:02
04:56
07:36
01:53
Viral