Bupati Lumajang Thoriqul Haq beserta jajaran Forkopimda meninjau salah satu peternakan sapi milik warga pada Selasa (17/5).
Sumber :
  • tvone - wawan sugiarto

Waduh! Kasus PMK di Lumajang Capai 494 Ekor Sapi, Bupati: Jangan Buru-buru Potong Paksa Apalagi Jual 

Selasa, 17 Mei 2022 - 19:45 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Pemerintah Kabupaten Lumajang tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang menghadapi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak

Data terbaru Dinas Pertanian menyebutkan terdapat 494 ekor sapi yang terjangkit wabah PMK, lima ekor di antaranya dinyatakan sembuh. 

Sedangkan jumlah sapi mati sejauh ini sudah mencapai sembilan ekor, sebanyak enam sapi dipotong paksa dan sapi dijual sebanyak tiga ekor. 

Sementara itu untuk hewan ternak jenis domba terdapat sembilan ekor yang terpapar dan belum ada yang sembuh, mati, dipotong paksa, maupun dijual. 

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengimbau masyarakat untuk tidak panik dengan menjual ternak miliknya maupun melakukan potong paksa. 

"Ojo kesusu (Jangan terburu-buru), keputusan untuk penjualan dan potong paksa pada hewan ternak yang terjangkit PMK atas rekomendasi dokter hewan," kata Thoriq, Selasa (17/5/2022). 

Menurutnya, wabah PMK yang menyerang hewan ternak warganya itu bisa disembuhkan meski butuh waktu dan penanganan yang cepat. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral