Satgas PMK Kota Blitar cek jagal dan peternakan sapi.
Sumber :
  • tvone - imron danu

Perketat Pengawasan, Satgas PMK Kota Blitar Cek Jagal dan Peternakan Sapi

Selasa, 24 Mei 2022 - 13:52 WIB

Blitar, Jawa Timur - Satgas Pengawasan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kota Blitar melakukan sidak ke sejumlah tempat Kios Jagal dan peternak sapi. Satgas gabungan terdiri dari Satreskrim, Dinas Perdagangan, dan Pertanian Kota Blitar mendatangi kios daging yang dijajakan. Selasa (24/05/2022). 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar Rodiyah mengatakan, sidak dilakukan untuk memastikan jika daging yang dijual sehat dan higienis. Sidak digelar di dua lokasi jagal, yang berada di jalan Melati dan kawasan Pasar Pon Kota Blitar.

"Adanya penyakit PMK ini kita melakukan sidak ke jagal, memastikan higienisnya dan kesehatan daging yang ada dijagal," jelasnya. 

Setelah mendatangi kios jagal sapi, kemudian tim gabungan melanjutkan sidak dengan mendatangi ternak sapi warga, di wilayah Kelurahan Sentul. Petugas memberi sosialisasi dan memeriksa sapi ternak untuk memastikan sapi di kota Blitar aman dari PMK. 

"Disini di daerah Sentul ini untuk melakukan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi), terkait dengan penyakit PMK itu," imbuhnya. 

Sejauh ini petugas gabungan belum menemukan hewan ternak yang terjangkit wabah PMK. Petugas mengimbau kepada peternak dan petani untuk tidak membeli dan menjual hewan ternak dari luar daerah, guna memutus rantai penularan. 

"Alhamdulillah di Kota Blitar aman dari PMK," pungkasnya. (min/rey) 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral