Bandara Banyuwangi.
Sumber :
  • tvone - Reyan Yudhistira

Bangga! Bandara Banyuwangi Bertengger Dalam Nominasi 20 Arsitektur Terbaik Dunia, Bersaing dengan India hingga Maroko

Rabu, 8 Juni 2022 - 09:38 WIB

Aga Khan Award for Architecture (AKAA) telah memilih bandara Banyuwangi, Jawa Timur sebagai salah satu proyek terpilih untuk penghargaan 2022.

Dilansir dari akdn.org, diketahui ada 20 proyek terpilih dalam pernghargaan ini. Nantinya proyek-proyek ini akan bersaing untuk mendapatkan hadiah 1 juta dollar AS.

Untuk masuk dalam jajaran 20 besar arsitektur terbaik dunia ini, bandara Banyuwangi ternyata telah berhasil menyisihkan 463 proyek arsitektur lainnya.

Bandara Banyuwangi akan bersaing dengan karya arsitektur dari negara lain seperti Lilavati Lalbhai Library at CEPT University dari India hingga Issy Valley Improvement dari Maroko.

Lalu dikutip dari antaranews.com, diketahui bahwa badnara Banyuwangi ini dibangun dengan kolaborasi bersama arsitek Andra Matin.

Dengan mengadopsi desain berupa bentuk ikat kepala Suku Osing (masyarakat asli Banyuwangi) dan bangunan yang berkonsep hijau serta ramah lingkungan, bandara yang terletak di Kecamatan Blimbingsari itu berhasil menarik perhatian dunia.

“Ini sebuah kebanggaan. Bandara Banyuwangi masuk nominasi kompetisi arsitektur kelas dunia, bersanding dengan puluhan karya arsitektur lain dari berbagai negara,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
01:06
02:40
02:12
02:15
Viral