Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.
Sumber :
  • viva.co.id

Banyuwangi Jadi Tuan Rumah Ajang Selancar Internasional, Sport Tourism Indonesia Disorot Dunia

Rabu, 8 Juni 2022 - 13:29 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Belum lama ini, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang Selancar bertaraf Internasional. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, telah mengunjungi Banyuwangi, Jawa Timur untuk melakukan kunjungan karena daerah ujung timur pulau Jawa ini telah terpilih sebagai ajang selancar dunia atau World Surfing League (WSL).

Sandiaga datang untuk eksplorasi keindahan Banyuwangi sekaligus untuk meninjau sejumlah agenda. Menparekraf membagikan Potretnya cuplikan ajang tersebut dalam unggahan di akun Instagram pribadinya.

Ia mengunjungi Banyuwangi karena mendatangi sebuah ajang Selancar berskala Internasional tersebut. Sandiaga Uno dalam pernyataannya resmi yang kami terima (6/6/2022), G-Land Pro 2022 sekaligus membawa dampak langsung kebangkitan ekonomi daerah.
 
Melalui ajang ini, Indonesia dapat mempromosikan daerah sport tourism khususnya di Banyuwangi kepada dunia karena acara ini mendapatkan liputan media International.

“Cara terbaik bagi daerah yang menjadi destinansi surfing kelas dunia adalah dengan mengadakan kompetisi WSL tahunan yang mendatangkan peselancar Internasional. Selain meningkatkan ekonomi daerah, juga menghasilkan liputan media ke seluruh dunia,” ungkap Menparekraf Sandiaga dikutip dari keterangan resmi yang kami terima (6/6/2022).

Baca juga berita selengkapnya terkait Ajang G-Land Pro 2022

Banyuwang mulai disorot sebagai daerah wisata yang indah yang sudah mulai digencarkan oleh pemerintah daerah. Sandiaga Uno pun berharap agar potensi budaya di Banyuwangi juga dapat mensejahterakan warganya.
 
“Dengan potensi budaya dan alamnya saya yakin Banyuwangi selalu menjadi kota inovatif, membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, dan meningkatkan kesejahteraan warganya melalui pariwisata dan ekonomi kreatif,” tutur Menparekraf yang dikutip dari VIVA (8/6/2022).

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa juga mengungkapkan bahwa Indonesia sudah lama dikenal oleh peselancar sebagai destinasi surfing terbaik di dunia. hal ini karena Indonesia memiliki ombak di sepanjang tahunnya.
 
“Surfer dunia senang datang ke Indonesia, lantaran perairannya hangat dan ombaknya bagus. Itu sebabnya kami di Kemenparekraf sejak beberapa tahun lalu telah bekerja sama dengan WSL dan memberi dukungan pada beberapa event surfing yang diselenggarakan di tanah air, termasuk salah satunya G-Land Pro 2022,” pungkas Rizki (6/6/2022).
 
Melalui ajang International seperti ini, harapannya Indonesia dapat menjadi sorotan pada destinasi sport tourism lainnya di beberapa daerah. (Kmr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral