ramuan tradisional untuk sapi, cegah PMK.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Cegah PMK Serang Sapi, Ini Ramuan Tradisional dari Madura

Kamis, 9 Juni 2022 - 14:52 WIB

Sampang, Jawa Timur - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang telah menyerang sapi di sejumlah daerah, membuat warga berinisiatif, meracik ramuan tradisional khusus yang dibuat sendiri.

Salah satunya, Rohilhah (45), warga Desa Plakaran, Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang, Madura, yang membuat jamu tradisional dengan meracik tanaman dan buah - buahan. Seperti buah kundur putih, kunyit kuning ditambah kunyit putih. 

Lalu masing - masing bahan itu, kulitnya dikupas, dibersihkan dengan air putih. Kemudian, diparut dan diperas untuk diambil sarinya. Setelah itu, bahan - bahan tersebut dicampur dan diaduk secara merata. Jamu racikan sudah selesai, dan siap diberikan ke sapi peliharaannya.

"Jamu yang buat saya sendiri pak, dan diminumkan ke sapi saya. Ya ini dilakukan bukan hanya sekarang saja, tapi jamu ini sudah dilaksanakan pada tahun - tahun sebelumnya. Bapak saya sudah membuat jamu sapi, saya juga ikut membuat jamu ini, sapi akan jadi sehat, dan insyallah bisa terhindar dari penyakit," katanya, Kamis (9/6).

Jamu racikan dari buah dan tanaman, diberikan ke sapi ternak sehari dua kali. (fds/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
14:24
11:39
08:19
02:20
02:22
Viral