Satgas Covid Desa di Lumajang difungsikan jadi satgas PMK.
Sumber :
  • tvone - wawan s

Wabah Belum Sirna, Satgas Covid-19 Desa di Lumajang Difungsikan Jadi Satgas PMK

Jumat, 1 Juli 2022 - 08:47 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Masa transisi menuju endemi setelah dua tahun lebih mengalami pandemi covid-19, tidak membuat pekerjaan satgas covid di tingkatan desa selesai. Kini, mereka punya tugas baru untuk mengawal proses pemulihan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Lumajang.

Ketua Satgas PMK Kabupaten Lumajang Teguh Widjayono mengatakan, pengaktifan ulang satgas covid di tingkat desa merupakan instruksi langsung dari ketua satgas PMK pusat.

"Kepala BNPB selaku Komandan satgas PMK pusat akan mengaktifkan kembali satgas covid tingkat desa untuk jadi satgas PMK," kata Teguh melalui sambungan telepon, Jumat (1/7/2022).

Menurutnya, tugas dari satgas PMK di tingkat desa ini tidak hanya melakukan pengawasan terhadap hewan ternak agar tidak keluar dari Kabupaten Lumajang.

Namun, dibentuknya satgas di tingkat desa juga akan meminimalisir mobilitas hewan ternak untuk mencegah penularan PMK yang sangat cepat.

Sebab, satgas akan melakukan pengawasan agar tidak ada hewan ternak yang melakukan mobilitas hingga keluar dari kecamatan tempat ternak itu berasal.

"Satgas ini akan mengawasi pergerakan ternak agar tidak keluar dari kabupaten, bahkan kecamatan tempat ternak itu berasal," tambahnya.

Teguh juga menjelaskan, sampai kondisi PMK dinyatakan aman oleh ketua satgas PMK pusat, seluruh cek poin yang ditempatkan di wilayah perbatasan dengan kabupaten lain akan tetap berjalan.

"Cek poin sampai komandan satgas pmk pusat menyatakan aman," pungkasnya.

Untuk diketahui, populasi sapi di Lumajang berjumlah 225.000 ekor, 7.000 ekor diantaranya terpapar PMK. Sedangkan, dari jumlah tersebut, 600 ekor dinyatakan telah sembuh. (wso/rey)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral