Pemberian vaksinasi PMK tahap pertama terus dikebut di Lumajang.
Sumber :
  • tvone - wawan s

Tekan PMK Meluas, Vaksinasi Tahap Pertama untuk Ternak Sapi di Lumajang Dikebut

Rabu, 6 Juli 2022 - 07:19 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Pelaksanaan vaksinasi ternak sapi guna meningkatkan kekebalan ternak dari virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Lumajang, terus dikebut.

Petugas kesehatan hewan dari Dinas Ketahan Pangan dan Pertanian, setiap hari diterjunkan ke lapangan untuk memeberikan layanan vaksinasi. Sebab, hingga saat ini wabah PMK ini hampir menyebar pada 21 wilayah Kecamatan di Lumajang, salah satunya yang dilaksanakan hari ini di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Selama dua hari terakhir, kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan dengan sasaran 393 ekor sapi, yang tersebar pada 10 Dusun.

"Sejak kemarin proses vaksinasi PMK telah dilakukan di desa kami, sasarannya samua ternak sapi yang ada, kurang lebih 393 ekor, " jelas Sulhan selaku Kepala Desa Sumberwuluh saat ditemui di lokasi vaksinasi sapi, Selasa (5/7/2022).

Dengannya sasaran vaksinasi yang cukup banyaknya ini, Sulhan mengerahkan semua perangkat Desa dan Kepala Dusun dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas, untuk mendampingi petugas dari Satgas PMK yang akan melakukan vaksinasi.

"Sejauh ini tidak ada kendala, hanya saja saat petugas datang para pemilik sapi sedang tidak ada sdih rumah, lagi cari rumput atau ke sawah, makanya hari ini kita datangi lagi," imbuhnya.

Dari total populasi ternak sebanyak 393 ekor di Sumberwuluh, hingga saat ini belum ada laporan adanya ternak yang mati maupun positif terjangkit PMK.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral