wabah PMK, permintaan kambing untuk hewan kurban meningkat.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Wabah PMK, Pedagang Kambing dan Domba Kebanjiran Pesanan Hewan Kurban

Jumat, 8 Juli 2022 - 14:30 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang masih menyebar dan banyak menyerang ternak sapi, berdampak pada menurunnya minat masyarakat untuk mengonsumsi daging sapi. Praktis, kondisi ini menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang kambing.

Permintaan kambing dan domba menjadi hewan kurban meningkat lebih dari 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga memicu naiknya harga jual di pasaran hingga 300 ribu per ekornya. Saat ini, harga kambing dan domba di pasaran terpantau antara Rp2,75 juta - Rp5,5 juta.

"Untuk harga memang ada kenaikan dan permintaan memang meningkat. Biasanya semakin dekat kurbanan tambah mahal," kata Hasan, salah satu pedagang kambing di Jalan Gajah Mada Lumajang, Jumat (8/7). 

Hasan yang menargetkan untuk menjual 100 ekor kambing dan domba tahun ini, yakin bisa mencapainya, sebab hingga saat ini sudah laku separuh.

Menurutnya, pada H-2 hari raya kurban, seperti hari ini permintaan akan semakin ramai.

"Stok di rumah masih ada 20 ekor, disini tinggal 30. Ini sepertinya harus siap-siap cari tambahan karena biasanya kurang dua hari langsung banyak pesanan, biasanya dari pondok, apalagi hari ini merupakan hari pasaran terakhir," tambahnya.

Sebagai jaminan, semua hewan kambing dan domba yang dijual pedagang telah mendapatkan pemeriksaan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terhadap kesehatan hewan kurban yang akan dibelinya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral