meski erupsi Gunung Raung berhenti, aktivitas pendakian Raung dihentikan.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Gunung Raung Erupsi, Jalur Pendakian Ditutup

Kamis, 28 Juli 2022 - 15:33 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Erupsi Gunung Raung di Banyuwangi sudah berhenti, Kamis (28/7), namun aktivitas gempa tremor masih berlanjut. Karena membahayakan, aktivitas pendakian Raung dihentikan. 

Para pendaki dilarang mendekati kawah untuk menghindari gas vulkanik. Ditutupnya jalur pendakian ini menyusul himbauan waspada dari petugas pengamatan gunung api Raung. Sebab, meski berstatus normal, tidak menutup kemungkinan munculnya erupsi susulan. Jika pendakian dibuka, dikhawatirkan terpapar semburan abu.

“Mulai hari ini, pendakian ke Raung ditutup sementara. Ini mengikuti arahan petugas pengamat gunung api, karena berbahaya,” kata Widi Angger Widyuta, petugas sekretariat pendakian Gunung Raung di Kalibaru, Banyuwangi, Kamis (28/07). 

Penutupan jalur pendakian ini langsung disosialisasikan ke media sosial. Sebab, menurut Widi, bulan ini hingga memasuki Agustus adalah musim pendakian. Banyak para pendaki memilih momen Agustus untuk menaklukan gunung setinggi 3344 mdpl tersebut. 

“Ini sudah musim pendakian. Mulai lebaran lalu, terus mengalir rombongan pendaki,” jelasnya.

Pihaknya belum mengetahui sampai kapan jalur pendakian ini ditutup.
 
Perkembangan kondisi Raung terus diikuti dari petugas pos pantau Gunung Api Raung di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi.

“Kami terus update kondisinya. Kalau diperbolehkan pendakian, pasti akan langsung kami buka,” tegas Widi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral