erupsi Gunung Raung tak berdampak pada penerbangan di Banyuwangi.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Abu Vulkanik Gunung Raung Mengarah ke Barat, Bandara Banyuwangi Tetap Normal

Kamis, 28 Juli 2022 - 18:34 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Erupsi Gunung Raung, sempat membuat pengelola Bandara Banyuwangi, khawatir. Pasalnya, semburan abu vulkanik berdampak pada aktivitas penerbangan. Namun untungnya, sebaran abu vulkanik tidak mengarah ke Banyuwangi, tetapi ke wilayah barat, seperti Jember dan Bondowoso. 

Petugas bandara tetap siaga mengantisipasi kemungkinan munculnya abu vulkanik di areal bandara. Aksi siaga ini dilakukan dengan melakukan pemantauan secara rutin satu jam sekali. Lalu, melakukan pemeriksaan dengan paper test setiap dua jam sekali.

“Dari paper test dan observasi, Bandara Banyuwangi tidak terdampak erupsi Gunung Raung. Belum ditemukan sebaran abu di wilayah bandara,” kata EGM Bandara Banyuwangi, Indrawansyah, Kamis (28/7). 

Karena kondisinya masih normal, aktivitas penerbangan juga berjalan seperti biasa. Kedatangan pesawat dari Jakarta tetap sesuai jadwal. Begitu juga keberangkatan pesawat dari Banyuwangi. Belum ada perubahan atau penundaan penerbangan akibat erupsi Gunung Raung. 

“Jadi, semuanya masih normal,” tegasnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi merilis arah angin di sekitar Gunung Raung lebih banyak ke barat dan barat daya, sehingga semburan abu vulkanik lebih banyak mengarah ke wilayah Jember dan Bondowoso, Rabu (27/7) malam. 

Sebaliknya wilayah Banyuwangi yang berdekatan dengan Gunung Raung justru tak merasakan hujan abu. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral