lestarikan budaya leluhur, warga gelar jabutan gunungan tumpeng.
Sumber :
  • tim tvone - edy cahyono

Lestarikan Budaya Leluhur, Warga Ampeldento Malang Gelar Sedekah Bumi Jabutan Gunungan Tumpeng

Senin, 8 Agustus 2022 - 15:42 WIB

Malang, Jawa Timur - Upaya untuk melestarikan warisan budaya leluhur, ratusan warga Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, menggelar selamatan atau sedekah bumi dengan jabutan gunungan tumpeng dan pelepasan ayam, di sebuah Punden Bedah Kerawang warga desa setempat, Senin (8/8). 

Sebelum prosesi jabutan tumpeng, puluhan gunungan tumpeng di arak menuju Punden Bedah Kerawang oleh warga Desa Ampeldento.

Selain gunungan tumpeng, warga juga gotong-royong membawa sesajian sebuah tumpeng kecil, untuk sarana selamatan sedekah bumi yang bertepatan di bulan Muharram atau Asuro.

Setelah didoakan oleh tokoh adat warga setempat, gunungan tumpeng mulai dari nasi kabuli, jajan pasar,dan hasil bumi direbutkan warga maupun anak anak.

Salah satu tokoh masyarakat setempat bernama Pai Guntoro mengatakan, jabutan tumpeng ini dilaksanakan oleh warga setiap tahun pada bulan Asuro atau Muharram, dengan tujuan mendoakan para leluhur bedah kerawang desa.

"Jadi, setiap desa pasti yang menempati paling pertama itu yang disebut oleh warga leluhur atau yang pertama kali membuka dulu sebuah hutan belantara kini menjadi pemukiman warga yang kita tempat sekarang ini," ujar Pai, Senin (8/8).

Tidak hanya itu, selamatan sedekah bumi ini juga mempersatukan warga dalam hidup bergotong royong untuk membangun desa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral