KRI dr Radjiman Wedyodiningrat,.
Sumber :
  • Tim tvOne/Zainal Arifin Azhari

TNI AL Luncurkan Kapal Rumah Sakit dr. Radjiman Wedyodiningrat, Dilengkapi Ruang Isolasi Covid-19

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:04 WIB

Surabaya, Jawa Timur - TNI Angkatan Laut meluncurkan kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) yang diberi nama KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat, Senin (15/8/2022). Kapal BRS ketiga milik TNI AL tersebut, rencananya akan beroperasi di Koarmada I wilayah laut Indonesia Barat, pada Desember 2022 mendatang.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono yang meresmikan peluncuran kapal BRS tersebut mengatakan, bahwa fungsi kapal ini untuk kesiagaan membantu perawatan saat terjadi bencana alam.

“Seperti saat terjadi bencana alam gempa, kapal bantu rumah sakit baru ini siap melayani. Fasilitas kesehatan juga lengkap, dan terdapat ruang operasi dan ruang isolasi Covid-19 juga di sana,” kata Laksamana Yudo usai peresmian di Graving Dock PT PAL Indonesia, Surabaya.

Laksamana Yudo Margono Kepala Staf TNI Angkatan Laut saat memberikan keterangan terkait kapal Bantu Rumah Sakit dr. Radjiman Wedyodiningrat, Senin (15/8/2022). 

“Merupakan arahan dari Joko Widodo Presiden agar setiap Koarmada memiliki kapal yang beroperasi dengan fasilitas kesehatan lengkap," Kata Yudo. 

Kapal BRS dr. Radjiman Wedyodiningrat juga siap diperbantukan di wilayah kepulauan terpencil dalam melayani masyarakat. Untuk memaksimalkam efektifitas layanan, di kapal tersebut juga sudah tersedia semacam sekoci khusus untuk menjemput orang dalam keadaan darurat.

Tidak hanya itu, kapal yang diambil dari nama pahlawan kedokteran Indonesia ini, tersedia ruang khusus isolasi Covid-19 yang memiliki teknologi untuk menghasilkan oksigen sendiri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral