2 tahun berhenti, karnaval budaya peringatan HUT RI ke 77 hadir kembali di Kabupaten Lumajang.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Meriah, Karnaval Agustusan di Lumajang Hadir Lagi Setelah 2 Tahun Absen Akibat Pandemi Covid-19

Minggu, 21 Agustus 2022 - 11:58 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Karnaval budaya dalam rangka peringatan HUT RI ke 77 hadir kembali di Kabupaten Lumajang, setelah dua tahun absen akibat pandemi Covid-19. Salah satunya yang digelar warga Desa Tempeh Kidul, Lumajang, Minggu (20/8).

Karnaval budaya ini diikuti ratusan peserta dari berbagai dusun dan elemen masyarakat, sekaligus dijadikan ajang kegiatan bersih desa.

“Atas nama Pemerintah Desa Tempeh Kidul, saya sangat mendukung pelaksanaan pawai budaya dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 77. Terlebih lagi setelah dua tahun kita tidak menyelenggarakan karnaval karena pandemi Covid-19. Alhamdulillah tahun ini dapat dilaksanakan,” tutur Kepala Desa, Sundjoto, yang juga ikut dalam barisan karnaval.

Pihaknya mengaku sangat bangga karena semua warga juga antusias dan semangat mengikuti kegiatan pawai.

“Antusias warga juga sangat tinggi, ada tarian klasik dan modern, drum band, mobil hias, parade pakaian adat Bhinneka Tunggal Ika, serta diikuti mobil yang mengusung hasil bumi,” tambahnya.

Di sisi lain, Kades juga menyatakan bahwa kegiatan pawai ini adalah sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan dan hasil panen yang melimpah.

“Kegiatan pawai ini sebagai salah satu upaya untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berkorban demi bangsa dan negara, dan merupakan salah satu upaya kita untuk melestarikan, merawat kekayaan khazanah budaya masyarakat. Masing-masing mobil yang membawa hasil bumi akan diperebutkan masyarakat,” tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral