demo tolak pengukuran tanah di Desa Dateng, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan ricuh.
Sumber :
  • tim tvone - mahrus

Demo Tolak Pengukuran Tanah di Lamongan Berakhir Ricuh, Massa Keroyok Pengacara

Kamis, 25 Agustus 2022 - 18:49 WIB

Lamongan, Jawa Timur - Demo menolak pengukuran tanah di Desa Dateng, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan berakhir ricuh, Kamis (25/8). Salah satu orang yang diketahui sebagai pengacara dari pihak penggugat dikeroyok massa

Warga mengaku mengeroyok pengacara tersebut karena kesal. Sebab selama ini pengacara itu juga kerap memancing emosi warga dan sering sesumbar jika dirinya bisa memenangkan klien yang ia bela.

Sementara klien yang dibela pengacara tersebut merupakan warga luar desa yang menjadi penggarap tambak di dalam kawasan waduk. Waduk Jabung Ring Dike sendiri kini sudah beralih fungsi menjadi lahan tambak. Akibatnya para petani desa setempat kesulitan mendapatkan air untuk mengairi sawah mereka. Beruntung sejumlah petugas dari TNI dan Polri langsung mengamankan pengacara tersebut dan membawanya menjauh dari kerumunan massa.

Menurut koordinator aksi, Hajar Tunggul Manik mengatakan, aksi pengeroyokan terhadap pengacara tersebut dilakukan warga secara spontan. Hajar mengatakan, aksi demo yang dilakukan ratusan warga Desa Dateng tersebut merupakan aksi lanjutan yang menolak adanya pengukuran tanah yang dilakukan oleh petugas BPN dan pengadilan. 

"Ya tadi spontan, karena warga sudah geram dengan pengacara tersebut sering memancing emosi warga,” ujar Hajar.

Pengukuran tanah di dalam kawasan waduk sendiri bertujuan agar pihak penggarap memperoleh santunan atau ganti rugi dari pemerintah karena pembangunan waduk yang sempat mandek akan kembali dilanjutkan. Namun oleh masyarakat setempat uang ganti rugi yang diterima penggarap, supaya bisa dibagi dengan desa karena tambak mereka berdiri di atas tanah desa. Tetapi mereka menolaknya hingga berupaya melalui jalur hukum.

Sementara itu, Kabag OPS Polres Lamongan, Kompol Agus Sumbono mengatakan, pengamanan massa sudah dipersiapkan sebaik mungkin. Bahkan ada ratusan personil gabungan yang dilibatkan dalam unjuk rasa tersebut. Rencana awal pihak pengacara dan penggarap lahan di kawasan waduk sudah sepakat mengikuti arahan dari polisi pada saat rapat sebelumnya. Namun pengacara tersebut justru lewat jalan lain sehingga diketahui warga dan warga yang emosi langsung mengeroyok.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:10
02:17
01:21
01:11
02:02
02:06
Viral