Peringati HUT ke 77, TNI AL gelar penanaman sorgum di Dusun Lembanah, Bangkalan, Madura.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Peringati HUT ke-77, TNI AL Jaga Ketahanan Pangan dengan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum di Bangkalan, Madura

Jumat, 9 September 2022 - 15:33 WIB

Bangkalan, Jawa Timur - TNI AL bersama sejumlah pejabat negara lainnya melaksanakan penanaman Sorgum di lahan seluas 1000 meter di Dusun Lembanah, Desa Kebun, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan (serealia, sirup), pakan ternak, dan bahan baku industri (alkohol, biofuel). Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan kedelai yang kaya akan nutrisi.

"Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum TNI AL Bersama Rakyat Siap Membangun Kejayaan Maritim Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, gerakan nasional penanaman sorgum tahun 2022 kali ini, Lanal Batuporon menyiapkan lahan seluas 1000 M² di Dusun Lembanah, Desa Kebun, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Lahan tersebut merupakan lahan pruduktif dengan kelembaban kurang dari 70% curah hujan 400-900 mm, sehingga cukup baik untuk menanam sorgum sebagai strategi nasional program ketahanan pangan secara mandiri," kata Letkol Laut (P) Mahfud Effendi, Komanfan Lanal Batuporon, Bangkalan, Madura ( 9/9).

Lanjutnya, penanaman sorgum yang merupakan bagian Program Kementerian Pertanian, di sisi lain, sorgum mulai langka dan memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. 

"Melaksanakan penanamam sorgum merupakan rangkaian dari Peringatan HUT TNI AL ke-77. Harapan kita TNI AL dengan Gerakan Nasional Penanaman Sorgum ini mengambil peran dalam ketahanan pangan nasional," imbuhnya.

Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022 dilangsungkan secara serentak di 77 wilayah seluruh Indonesia. (fds/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral