ratusan personel gabungan gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana dalam menghadapi musim penghujan.
Sumber :
  • tim tvone - agus wibowo

Hadapi Ancaman Bencana Alam saat Musim Hujan, 1300 Personil Gabungan di Pacitan Disiagakan

Selasa, 13 September 2022 - 13:36 WIB

Pacitan, Jawa Timur - Ratusan personel gabungan mengikuti gelar Apel Kesiapsiagaan di halaman Mapolres Pacitan. Apel tersebut diselenggarakan untuk siaga bencana dalam menghadapi musim penghujan.

Kapolres Pacitan AKBP Wildan Alberd menginstruksikan seluruh jajaran polsek, koramil dan seluruh instansi terkait yang ada di wilayahnya, untuk siaga dalam mendukung penanganan kebencanaan menghadapi datangnya musim penghujan.

"Kesiapan ini penting, mengingat potensi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor di wilayah Pacitan sangat berpotensi besar terjadi. Sebagian wilayah Pacitan topografinya didominasi oleh kawasan perbukitan," jelasnya.

Wildan menambahkan kesiapsiagaan bencana ini menjadi salah satu upaya untuk melihat sejauhmana kesiapan jajarannya bersama dengan instansi terkait, baik dari unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI/ Polri, Satpol PP, Linmas, PMI, Dinas Sosial hingga relawan dan unsur lain terkait dalam penanganan kebencanaan serta mengantisipasi daraurat kebencanaan.

"Sebagaimana diketahui, sepekan ini banyak bencana alam yang terjadi di wilayah Indonesia. Di sisi lain, Pacitan letak geogragis berada di wilayah yang cukup rawan," imbuhnya.

Apel KesiapSiagaan ini melibatkan 1300 personel gabungan. Diharapkan bisa memberi bekal bagi seluruh instansi serta komponen yang terlibat dalam penanganan kebencanaan tersebut sehingga masing-masing komponen bisa saling memperkuat sinergi dan tahu apa yang harus dilakukan manakala terjadi darurat kebencanaan di Pacitan.

Sedikitnya ada 7 wilayah kecamatan di Kabupaten Pacitan, yakni Kecamatan Tegalombo, Arjosari, Tulakan, Ngadirojo, Sudimoro, Kebonagung dan Pacitan yang memiliki kerawanan bencana alam banjir dan tanah longsor. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
01:09
Viral