Silaturahmi dai dan khatib dalam rangka penguatan Islam Wasathiyah.
Sumber :
  • tvOne - edy cahyono

Tangkal Intoleransi dan Radikalisme, Walikota Malang sebut Dai dan Khatib agar Sampaikan Pesan Perdamaian

Rabu, 21 September 2022 - 18:30 WIB

Malang, Jawa Timur - Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, menyampaikan pentingnya menjaga rasa toleransi dan suasana damai di Kota Malang. Menurutnya hal ini dibangun melalui peran dai dan khatib (pendakwah), dengan membawa pesan perdamaian dan mengarahkan masyarakat untuk menghindari pemikiran dan perilaku intoleransi serta radikalisme.

Dai dan khatib dianggap memegang peran sentral, mengigat pemeluk agama Islam menjadi mayoritas di Kota Malang. Ini disampaikan olehnya pada acara silaturahmi dai dan khatib dalam rangka penguatan Islam Wasathiyah (keseimbangan antara keyakinan dengan toleransi) untuk Indonesia damai, pada Rabu (21/9).

"Saat ini kita kumpulkan para khatib, karena tangan kepanjangan yang bersentuhan dengan umat. Kalau khatib itu pola pikirnya masih ada diskriminasi atau menyalahkan pada kelompok-kelompok yang lain, maka bibit-bibit (intoleran dan radikalisme) itu muncul," ucap Walikota Sutiaji.

Sebab, imbuhnya, agama hadir untuk membimbing dan memeluk pemiliknya ke arah kedamaian dan kebaikan.

Bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang, agenda ini dihadiri oleh 100 dai dan khatib dari perwakilan setiap kecamatan dan organisasi masyarakat (ormas) Islam di Kota Malang. Kegiatan ini digelar dalam rangka menumbuhkan Islam yang damai dan cinta tanah air guna mencegah intoleransi dan radikalisme di Indonesia.

Kota Malang sendiri menjadi titik ke 16 pelaksanaan kegiatan ini, nantinya agenda sama akan dilaksanakan merata di berbagai wilayah Indonesia oleh Direktorat Pencegahan Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror.

Selanjutnya, Walikota Sutiaji, juga mengingatkan akan pentingnya membaca konteks dan situasi serta menyeimbangkan antara keharmonisan hidup bermasyarakat dan menjalankan kewajiban beragama.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:00
02:28
03:46
00:53
01:49
01:23
Viral