siapkan tenaga kerja berkualitas, Jombang gandeng Kadin Jatim dan IHK Trier Jerman.
Sumber :
  • tim tvone - umar sanusi

Siapkan Tenaga Kerja Berkualitas, Jombang Gandeng Kadin Jatim dan IHK Trier Jerman

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 23:02 WIB

Jombang, Jawa Timur - Setelah Kota Kediri dan Kabupaten Gresik menyatakan komitmennya melakukan revitalisasi program pendidikan vokasi, kini giliran Kabupaten Jombang bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Jombang juga menyatakan hal yang sama. 

Keseriusan Kabupaten Jombang dalam melaksanakan revitalisasi program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam Perpres nomor 68 tahun 2022, diwujudkan dengan melaksanakan Pelatihan Pelatih Tempat Kerja Internasional atau Ausbildung der Ausbilder International Basis (AdAIB) dengan menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur dan IHK Trier Jerman.

Pelatihan Pelatih Tempat Kerja dilaksanakan selama 7 hari, dari hari Senin (9/10) hingga Sabtu (15/10). Ada sekitar 20 pelatih tempat kerja yang mengikuti pelatihan tersebut, yang terdiri dari 10 guru perwakilan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 10 pelatih perwakilan dari industri yang ada di Kabupaten Jombang.

"Jombang berupaya menyiapkan SDM yang kompeten, kompetitif dan siap kerja. Dan keinginan tersebut bisa dipenuhi dengan melakukan revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi. Bersama Kadin Jatim dan IHK Trier Jerman, kami menggelar pelatihan vokasi," ujar Wakil Bupati Jombang Sumrambah.

Pelatihan Pelatih Tempat Kerja bertujuan untuk menyinergikan antara dunia pendidikan dengan dunia industri dan dunia usaha (DUDI). Terlebih industri di Jombang juga semakin berkembang. Ada beberapa kawasan industri baru yang telah dibangun dan ini harus disiapkan SDM-nya.  

"Harapan kami, melalui usaha ini maka lulusan SMK nantinya tidak akan menjadi penyumbang tertinggi pengangguran di Jombang tetapi justru menjadi tenaga kerja yang dicari dan siap kerja sesuai dengan kompetensi mereka," kata Sumrambah.

Dalam pelaksanaannya, akan ada Tim Koordinasi Daerah (TKD) Vokasi yang dibentuk sesuai SK Bupati.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral