antisipasi krisis pangan, bantuan sembako disalurkan untuk warga korban banjir di Banyuwangi.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Antisipasi Krisis Pangan, Bantuan Paket Sembako terus Disalurkan untuk Warga Korban Banjir di Banyuwangi

Kamis, 20 Oktober 2022 - 15:50 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Pasca banjir yang mengepung Kabupaten Banyuwangi pada hari Senin (17/10), ratusan paket sembako terus disalurkan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Kegiatan sosial ini dilakukan bersama Forpimka, pemerintah desa, TNI dan Polri bersama PT BSI di 5 desa di Kecamatan Pesanggaran.

5 desa yang terdampak banjir yaitu Desa Sukamade, Sarongan, Kandangan, Pesanggaran, Sumbermulyo dan Sumberagung.

"Penyaluran bantuan paket sembako dilakukan sejak 7 Oktober 2022, pasca banjir kali pertama menerjang wilayah Kecamatan Pesanggaran " ujar  Anang Supriyadi, anggota Desa Tanggap Bencana (Destana) Desa Sumberagung, Kamis (20/10). 

Sasaran utama bantuan adalah warga di Dusun Sukamade, Desa Sarongan. Masyarakat di dusun tersebut terisolir imbas tanah longsor yang menutup ruas jalan.

Selain bantuan paket sembako, suplai sejumlah kebutuhan logistik dapur umum yang didirikan di beberapa titik di Kecamatan Pesanggaran juga dilakukan. Bahkan, sejumlah alat berat dan armada dump truk dikerahkan untuk proses pembersihan sampah sisa banjir.

Camat Pesanggaran, Agus Mulyono, membenarkan kalau bencana banjir pada hari Senin (17/10) kemarin hampir merata terjadi di Kabupaten Banyuwangi. Tidak hanya Kecamatan Pesanggaran. Banjir juga terjadi di Kecamatan Kota Banyuwangi, Kalibaru, Glenmore dan beberapa kecamatan lainnya.

Banjir yang merendam Kecamatan Pesanggaran telah membawa setumpuk sampah, hingga menyumbat aliran sungai. Salah satunya terjadi di Desa Sumberagung. Saat proses pembersihan sampah yang menyumbat jembatan, Forpimka dan warga mengalami kesulitan lantaran sampah yang menyumbat bukan sampah rumah tangga, melainkan sampah pepohonan, ranting, pohon bambu hingga kayu gelondongan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral