Pemuda Gresik anti mafia tanah, menggelar aksi unjuk rasa ke Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Timur.
Sumber :
  • tvOne - syamsul huda

Tuntut Copot Asep Kepala ATR/BPN Gresik, Puluhan Aktivis Pemuda Demo Kantor BPN Jawa Timur

Kamis, 3 November 2022 - 18:41 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Puluhan massa aktivis pemuda Gresik anti mafia tanah, menggelar aksi unjuk rasa ke Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Timur, di jalan Gayung Kebonsari, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya, Kamis (3/11).

Pada aksi unjuk rasa yang mendapatkan pengamanan ketat aparat kepolisian itu, massa aktivis pemuda Gresik menuntut Kepala Kantor ATR/ BPN Gresik, Asep Heri, karena dianggap gagal dalam melakukan reformasi birokrasi dan praktik mafia pertanahan di lingkungan Kantor ATR/ BPN Kabupaten Gresik.

Bahkan dalam orasinya, aktivis pemuda Gresik, menuding ATR/BPN Gresik sebagai sarang mafia tanah. Dengan membawa membawa sejumlah spanduk diantaranya bertuliskan ‘disini sarang mafia tanah," massa aksi juga menuntut agar Kepala ATR/ BPN Gresik Asep Heri segera dicopot dari jabatannya.

Massa aktivis menilai jika Asep Heri tidak mampu mewujudkan reformasi agraria yang digaungkan Kementerian ATR/BPN Republik Indonesia.

Sementara itu, perwakilan pendemo, Totok Susanto mengatakan bahwa aksi ini sebagai keseriusan warga masyarakat Kabupaten Gresik dalam pemberantasan mafia tanah di Indonesia, khususnya di ATR/ BPN Gresik. Karena BPN belum memiliki komitmen kuat dalam menangani kasus pertahanan.

"Aksi ini bentuk keprihatinan kami kepada BPN Gresik yang diduga kuat penuh dengan sarang mafia tanah. Makanya kami mendesak agar Asep Heri dicopot," ujar Totok, Kamis (3/11).

Dugaan adanya mafia tanah dicontohkan Totok dalam kasus tanah warga atas nama Sueb Abdullah yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE Manyar Gresik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral