korban banjir Kalibaru urus adminduk gratis.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Tak Perlu Surat Kehilangan, Korban Banjir Kalibaru Banyuwangi Urus Adminduk secara Gratis

Senin, 7 November 2022 - 15:11 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Korban banjir bandang di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi yang kehilangan dokumen kependudukan, bisa sumringah. Mereka yang dokumennya hanyut bisa mengurus administrasi kependudukan (adminduk) secara gratis dan cepat. Ini setelah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banyuwangi turun, membuka posko layanan adminduk di lokasi banjir. 

Pasca banjir menerjang dan memporak-porandakan puluhan rumah, tim Pelayanan Administrasi Kependudukan Banyuwangi (Pelangi) langsung membuka layanan adminduk. Hasilnya, ratusan dokumen warga yang hilang bisa dipulihkan. 

"Sampai detik ini, pelayanan masih terus berlangsung. Warga terdampak banjir bisa mengurus adminduk dengan cepat," kata Kepala Dispendukcapil Banyuwangi, Juang Pribadi, Senin (7/11).  

Kerja keras posko adminduk ini berhasil memulihkan 283 dokumen warga yang hanyut. Rinciannya, 86 lembar kartu keluarga (KK), 162 lembar KTP elektronik, 4 lembar Kartu Identitas Anak (KIA), 30 akta lahir dan 1 akta kematian. Kebanyakan, dokumen ini rusak terkena banjir, sebagian hanyut. 

Karena kondisi darurat, warga terdampak banjir dipermudah mendapatkan dokumen adminduk. Mereka tak perlu mengurus surat kehilangan dari kepolisian. 

"Intinya kami permudah. Jadi warga cukup datang.  Nanti kami telusuri berdasarkan nama, karena terkoneksi di database," bebernya.

Meski dokumennya hilang total, pihaknya mengupayakan, warga bisa membawa pulang dokumen baru tanpa proses yang panjang. Jika tidak ada kendala administrasi, pihaknya akan langsung mencetak dokumen yang dibutuhkan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
09:22
Viral