khawatir bencana alam, perangkat desa Banyuwangi diajak tur tambang.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Tangkal Berita Hoax dan Tanggung Jawab Moral Pelaku Investasi, Perangkat Desa di Banyuwangi Diajak Tur Tambang

Rabu, 30 November 2022 - 12:45 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Sebagai wujud transparansi kepada masyarakat, PT Bumi Suksesindo (PT BSI) mengajak belasan perangkat desa se Kecamatan Pesanggaran untuk meninjau lokasi pertambangan. Kegiatan ini dikemas dalam Mine Tour atau tur tambang.

Dalam pelaksanaannya, pihak manajemen anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk, menjelaskan tahap demi tahap proses pertambangan. Mulai dari proses eksploitasi, pengelolaan limbah hingga reklamasi. 

Seperti Mine Tour pada umumnya, para peserta diajak berkeliling melihat langsung aktivitas di dalam area site PT BSI. Para Kades dan BPD Se Kecamatan Pesanggaran melihat secara langsung adanya aktivitas reklamasi yang sangat jauh berbeda dengan apa yang mereka bayangkan selama ini. Bagian Gunung Tumpang Pitu yang telah ditambang, ternyata langsung ditutup kembali. Dan di atas tanah telah terdapat beragam jenis tanaman yang menghijau, sehingga nampak bukan lokasi bekas tambang.

Usai mengikuti Mine Tour, Kades Sumberagung, Vivin Agustin membeberkan kalau apa yang dia lihat bertolak belakang dengan apa yang kerap dikhawatirkan masyarakat.

“Masyarakat kami dan kami mengkhawatirkan gunung ini (Gunung Tumpang Pitu) akan habis. Ternyata tidak seperti itu,” ujar Kades Vivin, Selasa (29/11). 

Permukaan lahan bekas tambang dikembalikan seperti semula alias langsung direklamasi. Penghijauan pun telah dilakukan. Meski tidak kembali seratus persen, namun tanaman-tanaman juga hidup.

Hal senada juga diungkapkan Hasyim Ali, anggota BPD Desa Sumbermulyo. Dari apa yang dia lihat serta penjabaran detail manajemen PT BSI, dia menilai isu yang disebar di masyarakat tentang akan hilangnya Gunung Tumpang Pitu tidak benar. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral