buaya muara di aliran Sungai Bondoyudo Lumajang.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Heboh Kemunculan Buaya Muara di Aliran Sungai Bondoyudo Lumajang, Warga Resah

Rabu, 30 November 2022 - 18:21 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Warga Dusun Meleman, Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, dihebohkan dengan kemunculan buaya muara dalam sepekan terakhir. Buaya tersebut sempat terlihat beberapa kali dengan jelas oleh warga dan nelayan, tengah berjemur di tengah delta di sekitar muara Sungai Bondoyudo, yang mengarah ke laut selatan.

Salah satu pemilik warung kopi di bawah jembatan Sungai Bondoyudo, Sunik (40) mengaku sering melihat jelas buaya tersebut menepi di pinggir sungai untuk berjemur. Tak jarang ia juga melihat buaya berenang di tengah sungai tak jauh dari tempatnya mangkal.

"Sering terlihat pada pagi hari, kadang ya siang. Kalau yang pernah saya lihat ada 2 ekor Panjangnya sekitar 4 meteran. Tapi warga yang lain dan nelayan juga mengaku sempat melihat yang indukannya berenang dan berjemur di dekat muara  sungai, malah yang kemarin lusa sempat direkam sama nelayan," ujar Sunik ketika ditemui di warung miliknya, Rabu (30/11). 

Dengan beberapa kali munculnya buaya muara ini, Sunik dan warga sekitar terutama para nelayan mengaku sangat resah dan was-was.

"Tetap takut jika ada buaya yang kelihatan makanya gak ada yang berani ke tepi sungai, disitu kan tempatnya perahu nelayan sandar. Kadang-kadang juga banyak warga dan anak-anak mandi sini," ungkapnya .

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Yosowilangun, Aipda Adi Susilo menyatakan kemunculan buaya tersebut belum memunculkan korban. Kendati demikian, Adi berpesan kepada masyarakat agar tidak mendekati habitat buaya di sungai tersebut.

"Belum ada laporan warga yang terluka akibat serangan buaya. Jadi sementara ini belum membahayakan. Kami terus menghimbau warga agar gak mendekati area di mana buaya itu muncul," jelas Adi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral