Kota Surabaya Dicanangkan Sebagai Kota Angkatan Laut RI.
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

Kota Surabaya Dicanangkan Sebagai Kota Angkatan Laut RI, Bagian dari Sejarah Perlawanan TNI

Minggu, 4 Desember 2022 - 09:40 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Heroisme Kota Surabaya sebagai kota pahlawan tak lepas dari partahanan kakuatan Angkatan Laut Republik Indonesia atau ALRI saat itu dalam melawan arogansi tentara sekutu yang berusaha merebut kembali Kota Surabaya.

Untuk itu berpusat di mako Armada II Surabaya, Surabaya dicanangkan sebagai Kota Angkatan Laut. Pencanangan Kota Surabaya jadi Kota Angkatan Laut dilakukan Pangkoarmada II bersama perwakilan Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim, Jumat (2/12/2022).

Seremonial pencangan Kota Surabaya sebagai kota TNI AL dipersembahkan Pangkoarmada II. Acara dibuka oleh Laksda TNI Dr T.S.N.B. Hutabarat Pangkoarmada Il. Dilanjutkan pemutaran video panjang mapping pencanangan Kota Surabaya menjadi Kota Angkatan Laut.

“Atas nama Kepala Staf Angkatan Laut, saya canangkan Surabaya, kota pahlawan dan kota angkatan laut,” ujar Hutabarat.

Diharapkan, pertempuran Surabaya 1945, dimana para pemuda Indonesia berperang melawan tentara Belanda, ditandai dengan insiden perobekan Bendera Merah Putih Biru di atas Hotel Yamato pada 19 September 1945, bisa memberi semangat para prajurit TNI khususnya TNI AL.

Seluruh Prajurit dari perwira hingga tamtama manikmati sajian pagelaran seni dan sejarah bangsa, mengenang pertempuran Surabaya 1945. Pagelaran ini sekaligus memperingati Hari Armada yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2022 mendatang, pagelaran yang diselenggarakan di Dermaga Ujung Komando Armada (Koarmada) II Surabaya .

Usai penampilan Tari Tor-Tor dan Tari Sekar Arum sebagai pembuka, dilanjutkan dengan demo kolone senapan dan peragaan seragam dinas TNI AL.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral