Kondisi Masjid Apung Pacitan Rusak Diterjang Banjir.
Sumber :
  • Tim tvOne/Agus Wibowo

Masjid Apung di Pacitan Porak-Poranda Diterjang Banjir

Senin, 30 Januari 2023 - 12:44 WIB

Pacitan, tvOnenews.com - Masjid apung yang berada di muara pantai pancer door Kelurahan Ploso, Kecamatan Pacitan, Jawa Timur, porak-poranda diterjang banjir. Kerusakan terparah terjadi pada bagian jembatan penyeberangan.

Selain itu, atap dan rakit  jembatan ambruk hingga hancur. Sebagian kerusakan juga terlihat pada rakit dan tirai bagian sisi Masjid. Kedua tali pengikat jangkar putus hingga menyebabkan bangunan masjid berbahan baku bambu tersebut lepas dan sedikit tenggelam.

"Arus deras sungai membawa sampah kayu yang menyangkut pada bagian tali jangkar Masjid, karena tak kuat menahan beban, kedua tali  penguat Masjid tersebut putus," terang Ryan Yudyanto, seorang takmir Masjid Apung ini menerangkanterangnya.

Peristiwa ini terjadi pada Minggu (29/01/2023) malam sekitar pukul 22.30 WIB. Saat itu, curah  hujan tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Pacitan sejak sore hari dan membuat debit aliran air sungai grindulu meningkat.

Ryan menambahkan, putusnya tali itu  membuat sisi bangunan masjid apung  miring hingga sedikit tenggelam. Tidak hanya itu, sejumlah alat perlengkapan yang ada didalam Masjid Apung hilang ikut terbawa arus sungai. 

" Hanya tersisa sebuah mimbar dan beberapa sajadah yang masih utuh. Perlengkapan lain seperti Sound system dan yang lainnya hilang hanyut terbawa arus,"imbuhnya

Beruntung, saat kejadian Masjid Apung dalam keadaan tidak digunakan para jemaah untuk beribadah. Sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Sementara, kerugian materil di perkirakan mencapai 50 juta rupiah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral