Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Sumbawa, Dedi Heriwobowo. .
Sumber :
  • Tim Tvone-Irwansyah

Antisipasi Kelangkaan Selama Lebaran, Pemda Tambah Pasokan Gas Elpiji di Sumbawa

Kamis, 20 April 2023 - 10:05 WIB

Sumbawa, tvOnenews.com - Pemerintah melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUKMindag) Kabupaten Sumbawa, menyikapi adanya informasi kelangkaan gas elpiji 3kg dalam beberapa hari terakhir ini.

“Alokasi gas LPG 3 kg untuk kabupaten Sumbawa ada sebanyak 12 ribu mton dengan cadangan 807 mton," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUKMindag) Kabupaten Sumbawa, Dr Dedi Heriwibowo, Rabu (19/04/2023).

Alokasi ini kata Dedi, naik sekitar 30% dibandingkan quota awal tahun 2022 lalu yang hanya sebesar 9 ribu mton.

"Tidak ada pengurangan alokasi gas LPG 3 kg dari awal Januari hingga April 2023 dan jika terjadi stok habis atau adanya kelangkaan itu disebabkan karena naiknya konsumsi LPG 3 kg pada bulan Ramadhan ini," ujarnya.

Ditambahkan, pemerintah melalui Kementerian ESDM semakin memperketat distribusi LPG 3 kg melalui mekanisme tepat sasaran dengan memberlakukan syarat KTP dan KK bagi pembeli yang berhak yakni rumah tangga miskin dan UMKM.

Selain itu, pemerintah juga telah memberikan penambahan fakultatif 2 truk per hari atau sebanyak 1.200 tabung dan terus dilakukan pada wilayah yang terjadi kelangkaan terutama disampaikan melalui camat masing-masing.

Diharapkan kepada masyarakat agar tetap bijaksana dalam menggunakan LPG 3 kg dan tidak melakukan spekulasi dengan memanfaatkan situasi menjual LPG 3 kg di luar ketentuan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral