IJTI Kaltara lakukan kampanye jurnalisme positif.
Sumber :
  • zulkifli Guntur

Kampanye Jurnalisme Positif, Hindari Informasi Hoax Jelang Pemilu 2024

Rabu, 20 September 2023 - 10:26 WIB

Nunukan, tvOnenews.com - Guna mencerahkan ruang publik dan masyarakat dari gempuran informasi hoax jelang Pemilu 2024 mendatang, IJTI Kaltara lakukan kampanye jurnalisme positif.

"Apa itu jurnalisme positif? kita akan membawa pesan jurnalisme yang damai untuk menghadapi Pemilu 2024. Yaitu melalui konten yang berkualitas, sesuai dengan kode etik jurnalistik," kata Ketua Pengurus daerah (Pengda), Usman Coddang.

Menurut Usman Coddang, hal tersebut perlu dilakukan guna mencerahkan ruang publik dari gempuran informasi hoax. Peran jurnalisme positif akan menjadi penyeimbang informasi, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Kalau kita lihat di media sosial khususnya, berbagai macam informasi dapat dengan mudah diakses. Disitulah jurnalisme positif hadir untuk mencerahkan, kita sampaikan melalui konten yang akurat, kredibel," imbuh dia.

Dengan demikian masyarakat akan menerima informasi yang valid, dengan sajian konten yang mengedepankan sisi edukatif. Pada konteks Pemilu, media mainstream memiliki peran untuk penyajian konten yang memperkenalkan visi misi calon peserta Pemilu.

"Jadi narasinya bukan lagi soal ujaran kebencian, informasi hoax, atau konten yang sekedar sensasi. Melalui jurnalisme positif akan menyajikan konten tentang visi dan misi peserta Pemilu yang sesuai tantangan perkembangan hari ini dan ke depan," ujar Usman Coddang.

Penyampaian konten dengan narasi damai hanya dapat dilakukan oleh jurnalis yang sudah kompeten. Dalam hal ini jurnalis yang telah lulus dan dinyatakan kompeten melalui Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) oleh Dewan Pers.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral