Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri serahkan bantuan 4 ton beras ke warga Distrik Amuma, Yahikomo, Papua Pegunungan.
Sumber :
  • desius termas

Antisipasi Kelaparan Kapolda Papua Salurkan Bantuan 4 Ton dan Mie Instan ke Warga Distrik Amuma

Kamis, 26 Oktober 2023 - 17:45 WIB

Yahukimo, tvOnenews.com - Bencana kelaparan yang disebabkan oleh kekeringan dan gagal panen akibat cuaca ekstrem kembali melanda wilayah Papua. Kali ini, Distrik Amuma, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan menjadi korban terbaru dari bencana tersebut.

Menanggapi hal tersebut Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri mengirimkan bantuan berupa 4 ton beras dan mie instan kepada warga Distrik Amuma. 

“Proses pendistribusiannya akan berlangsung melalui kerja sama dengan Tim Gabungan Tanggap Darurat Pemda Yahukimo, yang nantinya dibawa menggunakan helicopter mengingat akses yang terbatas ke daerah tersebut. Bantuan ini diberikan dalam upaya untuk membantu masyarakat yang tengah menderita kelaparan diduga akibat cuaca ekstrem,” ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo.

Tim Tanggap Darurat Pemda Yahukimo menyebut akibat keringan dan cuaca ekstrim yang terjadi sejak Agustus 2023 hingga saat ini terdapat 24 orang warga yang meninggal dunia dari 13 Kampung yang terletak di Distrik Amuma dengan penyebab kematian yang bervariasi yakni akibat sakit dan lansia.

Kapolda Papua menambahkan, penyaluran bantuan akan dikawal langsung oleh Personel Polres Yahukimo dan dibantu Tim Tanggap Darurat Pemda Yahukimo.

“Kami berharap bantuan ini akan memberikan bantuan yang signifikan kepada masyarakat yang terdampak, dan Polda Papua akan terus berupaya untuk mendukung pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan kelaparan yang disebabkan oleh cuaca ekstrem dan berbagai faktor lainnya di Papua,” pungkas Irjen Pol. Mathius.

(dbt/asm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral